Yuk Ajak Si Kecil Membuat Playdough Yang Awet dan Tahan Lama

Membuat playdough yang awet dan tahan lama ternyata tidak sulit. Bahannya mudah didapat, harganya pun murah. Di artikel ini Bunda juga akan tahu manfaat bermain playdough yang luar bisa. Mainan ini layaklah jadi mainan wajib di rumah.

membuat playdough awet tahan lama

Membuat playdough yang awet dan tahan lama ternyata tidak sulit.  Bahannya mudah didapat, harganya pun murah. Di artikel ini Bunda juga akan tahu manfaat bermain playdough yang luar bisa. Mainan ini layaklah jadi mainan wajib di rumah. 

Apa itu mainan playdough? Playdough/ play-doh, dari namanya berarti bermain adonan. Biasa disebut juga mainan plastisin atau mainan lilin. Ini adalah mainan kreativitas. Adonan bisa dibentuk menjadi apapun sesuai imajinasi si kecil. Contohnya bunga, binatang, es krim, kue, rumah, mobilan, gedung, dan sebagainya.
Aslinya, mainan ini terbuat dari tanah liat. Tapi di zaman modern sekarang, sudah banyak playdough pabrikan yang dijual di toko mainan.

Menurut sejarahnya, Playdough pabrikan pertama sekali dibuat di Cincinnati, Ohio Amerika Serikat pada tahun 1930. Ditemukan oleh Noah McVicker. Awalnya digunakan untuk pembersih walpaper. Pada tahun 1950an, playdough diproduksi ulang dan mulai dipasarkan di sekolah-sekolah di Cincinnati. Lebih jelas tentang sejarah playdough bisa dilihat di Wikipedia.
Sebenarnya tidak sulit menemukan playdough di toko mainan atau mal. Hampir semua toko mainan pasti menjualnya. Tapi tentu ada kekhawatiran, apakah bahannya aman? Takutnya ada bahan kimia yang berbahaya bila tertelan. Apalagi untuk anak 3 tahun, masih rentan sekali memasukan benda apa pun ke dalam mulut 😀
Nah solusinya, kenapa tidak coba bikin playdough sendiri? Tidak sulit membuatnya. Bahannya pun sederhana dan mudah ditemukan. Dijamin playdough yang ini pasti aman untuk si kecil.

Membuat pladough juga bisa jadi salah satu ide liburan anak yang murah loh. Jadi jangan lupa ajak si kecil juga ya membuatnya. Pasti lebih seru.

Yuk kita mulai.

Bahan Membuat Playdough.

Seperti telah disebutkan di atas, bahan membuat playdogh cukup mudah ditemukan di sekitar kita. Bahannya utamanya tepung terigu, mirip seperti adonan membuat kue. Berikut ini bahan yang dibutuhkan:

  • 120gr tepung terigu.
  • 3 sdm minyak goreng.
  • 50gr garam halus.
  • 2 sdt cream of tar tar (bisa dibeli di toko yang menjual bahan kue. Kalau tidak punya, bisa diganti dengan 2 sdt cuka).
  • 220 ml air matang.
  • 3 sdt maizena (bisa dikurangi sesuai kebutuhan).
  • Pewarna makanan (4-5 warna atau sesuai selera).
Kalau Bunda masih bingung dengan istilah pada bahan resep di atas, silakan baca panduan mengukur bahan resep yang benar.

Cara Membuat Playdough.

  • Campur kan tepung terigu, minyak goreng, garam, cream of tar-tar dan air. Uleni sampai adonan rata dan kalis.
  • Tambahkan maizena. Maizena inilah nantinya yang akan menentukan tingkat kepadatan adonan yang dibuat. Semakin banyak campuran maizena, tekstur adonan semakin keras. Kalau ingin lebih lembut, dikurangi saja ya Bun.
  • Aduk kembali adonan hingga tercampur rata.
  • Siapkan wajan yang sudah dipanaskan dengan api kecil. Masukkan adonan, panaskan sambil dibolak balik agar panasnya merata. Kalau sudah sekitar 40 derajat, matikan api dan dingin kan.
  • Setelah dingin, bagi menjadi beberapa bagian. Tiap bagian berikan pewarna makanan sesuai selera (cukup 2-3 tetes)
  • Dough siap digunakan dan dibentuk sesuai keinginan.
Mudah kan? 😀

Mainan lilin dengan resep ini bisa tahan lebih lama, bahkan hingga 2 bulan. Karena menggunakan cream of tar tar dan juga sudah dimasak terlebih dahulu.  Berbeda dengan adonan yang tanpa dimasak dan tanpa cream of tar tar. Bila kena suhu ruangan, akan cepat kering dan banyak remah. Kurang asyik untuk dimainkan.
Setelah dimainkan, masukkan dalam wadah tertutup. Mau lebih awet? Simpan di kulkas ya Bun. Jika sudah mulai kering, tinggal tambahkan air, dan dimasak ulang.



Kelebihan playdough dari bahan tepung:

  • Murah, bahannya bisa ditemukan di pasar terdekat.
  • Mudah dibuat.
  • Aman untuk balita karena tidak mengandung bahan kimia.
  • Dapat digunakan berulang kali, dan bisa disimpan lama karena mengandung garam sebagai pengawet alami.
  • Jika tertelan tidak berbahaya, karena menggunakan air matang ketika mencampur adonan. Kalau pun tertelan, si kecil akan langsung memuntahkan kembali karena rasanya sangat asin. 
Baca juga ulasan tentang:


Manfaat Bermain Playdough.

Playdough biasa dimainkan oleh anak usia minimal 3 tahun. Di Taman Kanak-kanak juga sering digunakan sebagai alat bantu belajar.

Mainan ini direkomendasikan para ahli karena memberi banyak manfaat bagi anak. Antara lain:

1.  Melatih imajinasi dan kreativitas.

Inilah manfaat utama bermain playdoh. Mainan ini bebas tanpa aturan. Anak bebas berkreasi sesuai apa yang dibayangkannya. Bebas tanpa batasan. Ia bisa membuat berbagai bentuk seperti bunga, rumah,mobil, motor, es krim dan lain sebagainya.
Sebelum membuat sesuatu, ia akan membayangkan dulu bentuknya. Ia akan berimajinasi. Warna apa yang mau dipakai? Bentuk bunga bagaimana yang akan dibuat? Berapa ukurannya? Dan lain sebagainya.
Ketika ia harus berimajinasi, itu juga sekaligus melatih kreativitasnya. Ia makin penasaran membuat bentuk yang lainnnya. Rasa ingin tahunya akan bertambah.

2.  Melatih motorik halus.

Saat membentuk sesuatu, si kecil akan menyentuh, meremas, menekan dengan telapak tangan dan jari, dan sesekali memukul. Ini turut melatih  motorik halusnya. Tangan dan jarinya juga jadi lebih kuat. 
Manfaat akan terasa ketika ia beraktivitas sehari-hari. Akan lebih mudah baginya. Contoh memegang pensil untuk menulis atau mewarnai, mengancingkan baju, memegang sendok saat makan, dan lainnya. 

3.  Belajar warna.

Si kecil akan banyak mengenal berbagai warna melalui mainan plastisin ini.  Bunda juga bisa mengajak anak berkomunikasi. Coba tanya: Dek bikin bunga warna apa?  Ini daunnya warna apa? Ini hal yang menarik baginya.

4.  Membantu perkembangan otak.

Mainan playdoh akan merangsang daya kerja otak anak. Ia akan berpikir: bentuk apa yang mau dibuat, bagaimana ukurannya, mau pakai playdoh yang warna apa? 
Ketika otaknya mulai berkembang, emosionalnya juga akan berpengaruh. Misalnya playdoh bunga buatannya bisa diberikan pada Bunda untuk  menunjukkan rasa sayang. Play-doh mobil buatannya dengan bangga ditunjukkan pada ayah karena sudah berhasil membuat. Dan ternyata ini juga bisa bikin pintar lho Bun. Yuk  buktikan.

5. Belajar bersosialisasi. 

Manusia adalah mahluk sosial butuh bersosialisasi satu sama lain. Begitu juga anak-anak. Playdoh akan lebih asyik ketika dimainkan bersama teman yang lan. Si kecil bisa belajar berteman, berkomunikasi, berbagi sesuatu dengan teman sebayanya. 


Itulah cara membuat playdough yang awet. Dilihat dari manfaatnya, mainan ini memang layak jadi salah satu mainan wajib yang harus ada di runah. 
Bunda pernah punya pengalamana bikin playdough dengan si kecil? Boleh share di kolom komentar. Yuk ajak si kecil berkreasi membuat mainan dari tepung ini. Dijamin aman ya Bun. 😀

COMMENTS

BLOGGER: 6
Loading...
Nama

Cerita Bunda,3,Dunia Anak,19,Jalan-jalan,3,Kecantikan & Kesehatan,11,Tips Dapur,5,Tips Praktis,2,
ltr
item
BacaanBunda: Yuk Ajak Si Kecil Membuat Playdough Yang Awet dan Tahan Lama
Yuk Ajak Si Kecil Membuat Playdough Yang Awet dan Tahan Lama
Membuat playdough yang awet dan tahan lama ternyata tidak sulit. Bahannya mudah didapat, harganya pun murah. Di artikel ini Bunda juga akan tahu manfaat bermain playdough yang luar bisa. Mainan ini layaklah jadi mainan wajib di rumah.
https://4.bp.blogspot.com/-MBgPYRppFsY/WpyefRUwy7I/AAAAAAAAQXA/7crDvjPtdccTbGtrm7TslI_lFjr4K2eiACLcBGAs/s640/membuat%2Bplaydough%2B-%2Bbacaan%2Bbunda.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-MBgPYRppFsY/WpyefRUwy7I/AAAAAAAAQXA/7crDvjPtdccTbGtrm7TslI_lFjr4K2eiACLcBGAs/s72-c/membuat%2Bplaydough%2B-%2Bbacaan%2Bbunda.jpg
BacaanBunda
https://www.bacaanbunda.com/2018/01/cara-membuat-playdough-awet-tahan-lama.html
https://www.bacaanbunda.com/
https://www.bacaanbunda.com/
https://www.bacaanbunda.com/2018/01/cara-membuat-playdough-awet-tahan-lama.html
true
2070171022595136136
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy