Kenali Jenis Kuas Make Up Untuk Riasan Flawless dan Rapi.

Di pasaran banyak sekali dijual jenis-jenis make up dengan bentuk dan fungsi yang berbeda juga. Salah penggunaan, kadang bisa menghasilkan riasan tidak seperti apa yang diharapkan.

Jenis kuas make up dan cara perawatanya
Jenis kuas make up dan cara perawatannya.
Bagi Bunda yang suka pakai make-up, mungkin masih  bingung dengan banyaknya jenis kuas yang ada di pasaran. Terutama untuk Bunda yang masih baru dalam dunia per -make up -an. 

Di pasaran banyak sekali dijual jenis-jenis make up dengan bentuk dan fungsi  yang berbeda. Salah penggunaan,malah akan menghasilkan riasan tidak seperti yang diharapkan😀 

Beberapa kemasan kosmetik juga sudah menyediakan termasuk kuas didalamnya. Tapi  hasilnya kadang kurang maksimal. Maka Bunda perlu pakai  kuas tambahan. 


Jenis Kuas Make Up


Kenalan dulu yuk dengan beberapa kuas make up yang paling sering digunakan Sekaligus dengan fungsinya masing-masing ya. 

1. Powder Brush

Paling besar dan tebal diantara kuas lainnya. Fungsinya untuk mengaplikasikan bedak tabur (loose powder). Juga untuk meratakan shimmer  saat finishing. 

Bulu kuasnya yang tebal mampu meratakan dan mengurangi risiko bedak terlalu tebal. Hasilnya akan terlihat lebih natural dibanding pakai spons atau tangan. Dalam keadaan darurat juga bisa dipakai sebagai kuas blush on ^_^

Oiya, shimmer itu adalah bedak yang berfungsi untuk menonjolkan kelebihan dan menutupi kekurangan pada wajah ya Bun. 


2.  Foundation Brush 

Bentuknya pipih dengan ujung bulu yang cembung. Bulunya cukup halus, tapi tidak lemas. Fungsinya untuk mengaplikasikan Foundation, concelar, maupun bb cream, baik yang berbentuk  liquid atau krim. 

Jika selama ini Bunda lebih suka meratakan foundation dengan jari atau spons, sekarang coba deh pakai kuas. Hasilnya akan lebih halus dan rata


3. Eyeshadow Brush

Bulunya lebih  pendek, bulat dan halus. Fungsinya untuk membaurkan warna eye shadow hingga tercampur  rapi dan membentuk sudut mata. Meninggalkan tekstur yang lembut serta alami, sehingga tidak membuat makeup Anda terlihat berlebihan. 

Jadi walau Bunda menggunakan eye shadow lebih dari satu warna, tetap akan terlihat natural. 

Terdiri dari 2 bagian: kuas besar dan  kecil. Untuk mata bagian atas, gunakan kuas besar. Untuk bagian bawah, gunakan yang kecil.



4. Fan Powder Brush

Kuas ini bentuknya agak mirip sapu ijuk 😀  Fungsinya hampir sama, untuk membersihkan.
Bentuknya lebih pipih, melebar dan bulunya lebih halus. 

Dipakai saat finishing touch untuk membersihkan wajah dari sisa riasan yang rontok, merapikan bronzer dan blush on (perona pipi) yang tak rata atau terlalu tebal, membersihkan eyeshadow yang hancur atau meluber pada riasan, dan lainnya. 



5. Eyebrow Brush

Bentuknya mirip sikat gigi, biasa juga disebut sikat alis. Sisi yang ber bentuk sisir fungsinya untuk menyisir bulu mata setelah mengaplikasikan eyebrow (alis mata). Sementara sisi yang berbentuk sikat fungsinya untuk membaurkan warna yang diberikan pada alis.


6. Blending Brush

Masih seputaran mata, ini untuk membaurkan eye shadow agar garis yang terlihat kasar pada riasan mata bisa membaurkan warna eye shadow dengan lebih sempurna dan natural. Ujungnya berbentuk oval dan agak panjang.

7. Concealer Brush
Concealer berfungsi untuk untuk mengaburkan flek hitam, menyamarkan kantung mata dan menutup beberapa bagian kulit di wajah, terutama yang memiliki noda atau sedang berjerawat.. 

Kuas inilah untuk mengaplikasikan nya. Ukurannya agak panjang dan ujungnya bulat. Bulunya lembut sehingga dapat menutup kulit dengan sempurna.

8. Lip Brush

Untuk jenis lipstik yang ber palet, atau lipstik matte, Bunda perlu pakai  Lip Brush untuk meratakan lipstik pada bibir. Sekaligus untuk menegaskan garis bibir agar lebih tepat. 

Lip Brush  biasanya ada tutup nya untuk menjaga agar kuas tetap bersih dan higienis. 


Itulah  rekomendasi kuas yang paling sering digunakan. Sebenarnya masih ada beberapa jenis kuas lagi, tapi delapan kuas di atas sudah cukup mewakili untuk penggunaan sehari-hari. 

Bentuk nya ada yang hampir sama ya Bun. Semakin sering digunakan, Bunda akan semakin kenal kok dengan fungsinya masing-masing. 

Baca ini juga: 


Perawatan Kuas Make Up

Kapan Bunda terakhir mencuci kuas make up? Seminggu yang lalu? Sebulan yang lalu? Atau mungkin belum pernah sama sekali? 😀

Kuas Make Up sangat cepat menyerap minyak dan kotoran di wajah. Kuas yang kotor malah akan menimbulkan masalah baru loh Bun untuk wajah. Makanya  perlu dicuci berkala.

Mencuci kuas bisa dilakukan secara rutin 2 kali sebulan, tergantung sering atau tidaknya dipakai. Teknik pencucian juga perlu diperhatikan jangan sampai merusak kuas.


Yang perlu disiapkan untuk mencuci kuas make up:

  • Sabun cair anti bakteri (misalnya sabun mandi). Pilih yang lembut
  • Baby Oil
  • Handuk kecil (alternatif nya bisa dengan  tisu toilet yang tebal)

Cara mencuci:

1. Cuci kuas di bawah air mengalir, gosok lembut di telapak tangan dengan posisi sesuai bentuk kuas. 

Jika bentuknya bulat, maka lakukan gerakan melingkar. 
Ini untuk membuang  sisa make up yang menempel. Akan terlihat dari noda hitam pada telapak tangan.

2. Tuang sabun cair dan baby oil secukupnya ke telapak tangan dengan perbandingan 2:1 (sabun cair lebih banyak). 

Baby oil fungsinya untuk menjaga tekstur lembut pada kuas. 
Lakukan kembali hal pertama di atas. Pastikan semua kotoran benar-benar terbuang. 

3. Bilas di bawah air mengalir. Bersihkan sisa sabun dan baby oil.

4. Kibas dengan pelan dan lembut untuk membuang sisa air. 

5. Keringkan dengan handuk atau  tisu toilet yang tebal. Letakkan di atasnya, sambil di angin-anginkan hingga benar-benar kering.


Tips Terbaik Saat Pencucian:

1. Selama proses pencucian hingga pengeringan, jaga agar posisi kuas tetap di bawah. Ini penting agar air tidak masuk ke bagian atas (gagang kuas) dan merusak lem perekat pada kuas atau gagangnya.

2. Pakai air dingin saja ya Bunda, jangan air panas.
Air panas bisa merusak lem kuas dan juga merusak tekstur kuasnya. 

3. Kalau sudah hampir kering, kembangkan bulu-bulunya untuk memberi ruang udara agar bagian dalam kuas tidak lembap. 



Nah Bunda sudah tau ya beberapa jenis kuas yang sering digunakan, dan bagaimana cara merawatnya. 

Yang mana yang paling sering Bunda gunakan?  

Memiliki kuas make up yang lengkap dan bagus adalah investasi untuk menghasilkan riasan yang sempurna dan rapi. Kalau Bunda bisa make up sendiri, lebih hemat kan ya daripada harus ke salon ☺
Selamat bersenang-senang dengan kuas make up Bunda 

Foto Jenis Kuas: Oriflame



Bunda suka artikel ini? Yuk Bagikan..

COMMENTS

BLOGGER: 6
Loading...
Nama

Cerita Bunda,3,Dunia Anak,19,Jalan-jalan,3,Kecantikan & Kesehatan,11,Tips Dapur,5,Tips Praktis,2,
ltr
item
BacaanBunda: Kenali Jenis Kuas Make Up Untuk Riasan Flawless dan Rapi.
Kenali Jenis Kuas Make Up Untuk Riasan Flawless dan Rapi.
Di pasaran banyak sekali dijual jenis-jenis make up dengan bentuk dan fungsi yang berbeda juga. Salah penggunaan, kadang bisa menghasilkan riasan tidak seperti apa yang diharapkan.
https://1.bp.blogspot.com/-DbbVt1EUros/WnEebFf035I/AAAAAAAAPlE/Ys9hbRg6iow3t1cm9tiBvZbSu0MrojOLwCLcBGAs/s1600/brushes-1837192_640%2B%25281%2529.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-DbbVt1EUros/WnEebFf035I/AAAAAAAAPlE/Ys9hbRg6iow3t1cm9tiBvZbSu0MrojOLwCLcBGAs/s72-c/brushes-1837192_640%2B%25281%2529.jpg
BacaanBunda
https://www.bacaanbunda.com/2018/01/jenis-kuas-make-up-dan-cara-perawatannya.html
https://www.bacaanbunda.com/
https://www.bacaanbunda.com/
https://www.bacaanbunda.com/2018/01/jenis-kuas-make-up-dan-cara-perawatannya.html
true
2070171022595136136
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy