Obat Tradisional, Yay or Nay?

Di masyarakat Indonesia, berkembang adanya pemahaman obat medis dan obat tradisional. Obat medis yaitu obat yang didapat dari...




Di masyarakat Indonesia, berkembang adanya pemahaman obat medis dan obat tradisional.

Obat medis yaitu obat yang didapat dari dokter atau pihak medis.

Obat tradisional (yang disebut juga obat alternatif) yaitu obat yang berasal dari bahan alami (tumbuhan atau hewan). Diolah sedemikian rupa untuk pengobatan dan sudah digunakan turun temurun dari zaman nenek moyang.

Hingga kini, masih ada pro kontra di masyarakat akan penggunaan obat tradisional, mengingat belum ada nya penelitian medis lengkap mengenai hal itu. 

Aman kah untuk tubuh? Ampuh kah menyembuhkan penyakit? Adakah efek samping jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama?

Nah kali ini BacaanBunda akan memberi gambaran kelebihan dan kekurangan obat tradisional. Semoga bisa membantu Bunda.

Kelebihan Obat Tradisional

Semboyan Back to Nature menginspirasi manusia untuk kembali ke alam, termasuk juga dalam hal pengobatan. Masyarakat semakin terbuka dengan pemakaian obat tradisional.  Sebenarnya, apa kelebihan obat tradisional? Berikut penjelasan nya.

1.Mudah ditemukan dan Alami tanpa campuran kimia. 

Obat tradisional mudah ditemukan disekitar kita. Masyarakat mengenal Apotek Hidup, yaitu memanfaatkan lahan kosong di pekarangan rumah untuk mennanam tanaman obat. Tanaman obat ini tidak melalui proses pengolahan yang rumit dengan campuran kimia.

2. Harganya lebih murah

Bahannya berasal dari alam. Pengolahannya dengan alat sederhana. Tidak butuh alat canggih dan modal besar. Sudah pasti harganya lebih murah dari obat medis.
Seperti poin nomor 2,

3. Aman. tidak ada efek samping yang berbahaya.

Obat tradisional berasal dari alam tanpa campuran bahan kimia. Jika takaran benar, obat tradisional  aman tanpa efek samping.

4. Aman dikonsumsi dalam jangka waktu lama. 

Obat medis perlu pengawasan ketat dari dokter atau pihak medis. Jika terlalu banyak bisa membahayakan dan jadi racun untuk tubuh. Bahkan menjadi ketergantungan obat. Obat tradisional dari bahan alami, jadi mudah diserap tubuh.

5. Efek pengobatannya meluas. Tidak hanya fokus ke sumber penyakit.

Obat tradisional bisa memperbaiki kerusakan sel tubuh secara menyeluruh. Penyembuhan penyakit lebih permanen dibanding obat medis.

Kekurangan Obat Tradisional

Ada kelebihan, tentu ada kekurangan. Ini bisa jadi bahan pertimbangan Bunda untuk mau menggunakan atau tidak.

1. Butuh waktu lebih lama untuk sembuh.

 Bagaimana pun, proses alami pasti butuh waktu karena efek pengobatannya lebih  lemah dibanding obat medis.

2. Tidak bisa disimpan terlalu lama.

Begitu diracik, obat ini harus segera diminum. Tidak boleh disimpan lama. Sebelum mengolah, lihat kebutuhannya. Apakah langsung dihabiskan atau tidak.

3.       Tidak didukung data hasil uji klinis.

Obat tradisional hanya berdasarkan pengalaman dari orang tua zaman dulu. Tidak ada penelitian yang mendukung kevalidan obat tersebut. Tidak disertai data hasil uji klinis di laboratorium. Obat tersebut sudah digunakan turun temurun, dan dipercaya bisa menyembuhkan. Jadi masyarakat sudah tidak lagi mempermasalakan uji klinisnya.


4. Kehiegenisannya tidak terjamin.

Obat tradisional biasanya diracik sendiri dengan tangan atau menggunakan alat tradisonal sederhana. Kehiegenisannya tergantung kebersihan si peraciknya. 

5. Rasanya agak pahit dan aromanya kurang enak.

Beda dengan obat medis yang sudah berbentuk kapsul  atau pil yang bisa langsung diminum.

6.       Kurang cocok untuk jenis penyakit tertentu.

 Untuk penyakit yang lebih serius, obat tradisional kurang ampuh,  seperti penyakit jantung, patah tulang, usus buntu, dll.  Disinilah peran pengobatan medis dibutuhkan.


Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan obat tradisional. Keputusan untuk menggunakan obat tradisonal atau tidak, tergantung individu masing-masing. Selama masih aman, gak masalah lah ya Bun  Tapi tetap perhatikan perkembangan penyakit. Bila perlu, konsultasi terlebih dulu dengan pakar obat tradisional.

So.. Obat Tradisional, Yay or Nay? ☺


1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

COMMENTS

BLOGGER: 2
Loading...
Nama

Cerita Bunda,6,Dunia Anak,20,Jalan-jalan,3,Kecantikan & Kesehatan,12,Tips Dapur,6,Tips Praktis,3,
ltr
item
BacaanBunda: Obat Tradisional, Yay or Nay?
Obat Tradisional, Yay or Nay?
https://1.bp.blogspot.com/-g_hxBmHdO80/WmtB_ioE9XI/AAAAAAAAPf8/-iT34gUg-xY-9X_pEvXi8buklPokO9NlACLcBGAs/s640/lemon-906141_1280-iloveimg-compressed-iloveimg-compressed.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-g_hxBmHdO80/WmtB_ioE9XI/AAAAAAAAPf8/-iT34gUg-xY-9X_pEvXi8buklPokO9NlACLcBGAs/s72-c/lemon-906141_1280-iloveimg-compressed-iloveimg-compressed.jpg
BacaanBunda
https://www.bacaanbunda.com/2018/01/kelebihan-da-kekurangan-obat-tradisional.html
https://www.bacaanbunda.com/
https://www.bacaanbunda.com/
https://www.bacaanbunda.com/2018/01/kelebihan-da-kekurangan-obat-tradisional.html
true
2070171022595136136
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy