Sulit Punya “Si Mbak” Yang Awet? Bunda Wajib Baca Ini!

Kesibukan rumah tangga yang tidak pernah selesai, membuat Bunda sudah selayaknya dibantu seorang asisten yang biasa disebut “si mbak”. Masalah muncul ketika Bunda merasa sulit menemukan si mbak yang betah. Coba tips berikut ini ya ya Bun. Semoga bisa mendapat pembantu rumah tangga yang awet dan betah.

tips pembantu rumah tangga awet dan betah


Kesibukan rumah tangga yang tidak pernah selesai,  membuat Bunda sudah selayaknya dibantu seorang asisten yang biasa disebut “si mbak”. Masalah muncul ketika Bunda merasa  sulit menemukan si mbak yang betah.

Jika Ini salah satu masalah Bunda, berikut ini akan dijelaskan tips pembantu rumah tangga awet dan betah. Baca sampai selesai ya Bun.
Kehadiran asisten rumah tangga menjadi hal penting. Apalagi jika Bunda dan suami harus bekerja di luar rumah. Semua pekerjaan rumah tangga pun dialihkan padanya, mulai dari menyapu, mengepel, mencuci, memasak dan  belanja ke tukang sayur. Bahkan tanggung jawab menjaga si kecil pun akhirnya  diserahkan padanya. Tapi bagaimana
Biaya yang harus dikeluarkan untuk operasional si mbak tidaklah murah. Mulai dari biaya “menjemput” di kisaran Rp. 700.000 sampai sampai dengan Rp. 1.200.000. Itu masih diluar gaji bulanan nya rata-rata sekitar Rp. 1.000.000 hingga Rp. 2.000.000 per bulan. Belum lagi biaya kebutuhan sehari-hari nya yaitu sandang dan pangan. Wow… cukup mahal ya.
Harapannya, dengan besarnya biaya yang dikeluarkan, Bunda akan mendapatkan asisten rumah tangga yang siap kerja, jujur, bisa diandalkan, dan yang paling penting awet kerja di rumah!
Fakta nya, di kota besar seperti Jakarta cukup sulit menemukan si mbak yang awet dan betah bekerja dalam jangka waktu lama. Apalagi  ketika datang waktunya hari raya dan mereka mudik, biasanya persentase angka si mbak yang tidak kembali lagi ke rumah “tuannya”  melonjak naik.
Ternyata tidak mudah mencari sosok ‘si mbak’ yang betah dan awet. Itu pula yang mendorong semakin banyak yayasan penyalur di kota besar. Berbanding lurus dengan permintaan akan jasa asisten rumah tangga yang juga semakin banyak.
         Duh.. susah ya sekarang dapat mbak yang awet.
Harus gimana lagi ya??
Nah sebelum Bunda melempar kesalahan sepenuhnya pada si mbak, coba deh cek poin berikut, sambil introspeksi diri ya Bun 🙂
Sudahkah Bunda memperlakukannya sesuai fungsinya sebagai “asisten” rumah tangga dan mulai membangun hubungan yang baik dengan nya?  Inilah tips pembantu rumah tangga awet dan betah bekerja bersama kita.

1. Sebelum mulai bekerja, jelaskan baik-baik kondisi rumah. Jangan ada yang disembunyikan.
Cobalah memberikan informasi kondisi rumah se jelas mungkin. Ini penting agar si mbak sudah ada gambaran dengan siapa dan bagaimana dia akan bekerja. Beberapa hal yang biasanya perlu disebutkan:
  • Apakah ada anggota keluarga lain selain keluarga inti?
  • Apakah ada asisten rumah tangga selain dirinya?
  • Apakah ada binatang peliharaan?
  • Apakah mencuci mobil termasuk dalam list pekerjaannya?
  • Jika rumah bertingkat, jangan lupa sebutkan juga.
  • Dan lain sebagainya.



tips pembantu rumah tangga awet dan betah
Foto: Pixabay

Berikan kesempatan  untuk memilih di awal.  Apakah siap dengan kondisi itu atau tidak. Jika calon “si mbak” keberatan dengan salah satu poin yang Bunda sebutkan, ini saat yang baik untuk negosiasi. Jangan sampai Bunda merasa “beli kucing dalam karung”, demikian sebaliknya dengan si calon mbak.
2. Perlakukan si mbak sebagai partner. Bukan pengganti 100% kehadiran Bunda.
Sesuai fungsinya, seorang mbak adalah asisten Bunda untuk membantu menangani pekerjaan rumah.  Ini berarti bahwa tanggung jawab rumah tangga sebenarnya ada di tangan Bunda. Tugas si mbak hanyalah membantu.
Jangan anggap PRT sebagai babu atau buruh rendah yang harus menyelesaikan semua pekerjaan rumah seorang diri. Yang bisa Bunda kerjakan, lakukan sendiri. Komunikasi kan juga hal ini pada anak-anak dan anggota keluarga lain yang tinggal di rumah.
3. Berikan kenyamanan dalam bekerja dan beristirahat. 
Fasilitas yang layak, akan membuat si mbak merasa dihargai. Kadang tidak selalu hanya gaji tinggi yang mereka butuhkan. Faktor penunjang lainnya tetap perlu. Misalnya tempat beristirahat (kamar) yang layak, pakaian kerja yang pantas, juga kebutuhan pribadi sehari-hari seperti sabun, shampoo, odol, dll.
Perhatikan kondisi kamar. Adakah ventilasi udara yang cukup? Tidak perlu harus menyediakan pendingin ruangan sih Bun. Kipas angin kecil saja sudah sangat membuatnya nyaman. Jika memungkinkan, berikan radio kecil sebagai tambahan hiburan di kamar.
4. Buat catatan tertulis untuk setiap pekerjaan yang harus dilakukan. Si mbak juga manusia biasa, bisa saja lupa. 
Buat catatan tertulis menyangkut detail  job desc nya. Sertakan jadwal (waktu) pengerjaan nya. Ini untuk menghindari kesalahan, atau kelalaian karena faktor lupa. Tempel kan di tempat yang mudah terlihat olehnya, seperti di kamar, dapur, di depan kulkas, dll
5.  Berikan hak libur atau kesempatan untuk bersosialisasi.
Pekerjaan rumah tangga adalah siklus harian yang tidak pernah  berujung. Setiap hari si mbak dihadapkan dengan rutinitas yang sama. Rasa jenuh pasti ada.
Hari libur seminggu sekali (atau dua minggu sekali sesuai kebutuhan) akan menghilangkan kejenuhan mereka dan mengembalikan tenaga. Berikan waktu menikmati “me time”, bisa dengan santai di kamar, atau bersosialisasi dengan teman.
6.  Jangan abaikan kesehatannya. Dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat.
Alokasi kan budget untuk biaya kesehatan, di luar gaji bulanan nya. Anggaplah ini untuk biaya jaminan kesehatan selama setahun. Hitungan setengah gaji atau sebulan gaji full bisa Bunda atur sesuai kemampuan. Budget ini bisa dipakai apabila si mbak harus berobat ke dokter atau sekadar beli obat di warung.
Biarkan Bunda yang memegang dananya. Jika dalam setahun ternyata dana tersebut masih sisa, berikanlah  sebagai “bonus” untuknya atas keberhasilannya menjaga kesehatan. Kalau asisten rumah tangga kita sehat, pekerjaan rumah pasti juga beres 🙂
7. Anggap dia “ada”. Sediakan waktu ngobrol dengannya.
Sediakan waktu 30 menit seminggu untuk ngobrol ringan dengannya. Tanyakan kabar keluarganya di kampung. Bagaimana pun si mbak adalah bagian anggota keluarga di rumah kan ya. Ini akan membuatnya merasa dihargai.
Berikan pujian ringan untuk hasil pekerjaannya yang Bunda anggap cukup memuaskan. Sekadar ngobrol ringan seputar dirinya pun sudah membuatnya merasa dihargai.
8. Ajarkan si kecil untuk menghargai profesi asisten rumah tangga.
Tidak jarang orang tua yang cuek dengan cara anak memperlakukan si mbak. Misalnya meminta sesuatu dengan kata-kata yang kurang pantas. Terkesan memerintah. Boleh jadi hal tersebut salah satu alasan ketidakbetahan si mbak di rumah.
Penting untuk mengajarkan anak bersikap sopan pada si mbak. Apalagi saat meminta bantuan.
Biarkan si kecil ikut ambil bagian dalam pekerjaan rumah tangga. Dia bisa melakukan apa yang bisa dilakukan. Toh ini juga akan melatih kemandiriannnya kok Bunda.



tips pembantu rumah tangga awet dan betah
Foto: Pixabay

9. Tidak ada manusia yang sempurna. Maklumi kekurangannya.
Manusia tidak lepas dari kekurangan. karena kesempurnaan hanya milik Tuhan. Begitu juga si mbak. Adakala berbuat salah hingga bikin Bunda marah dan kesal. Tapi sebaiknya Bunda tahan emosi. Jangan sampai memaki atau mengeluarkan kata keras.
Coba pahami dulu kondisi nya, ajak bicara. Mungkin dia lagi lelah, atau sakit. Atau mungkin ada beban pikiran dari kampung. Jika dia punya masalah, bantu cari jalan keluar semampu Bunda.
Nah itulah beberapa tips pembantu rumah tangga awet dan betah kerja di rumah. Pada dasarnya, masih banyak koq orang yang memang benar-benar niat bekerja. Tergantung cara Bunda memperlakukannya saja 😀
Bunda punya tips lain? Yuk share di kolom komentar ya. Masukan Bunda bisa membantu Bunda yang lain.
Jika bermanfaat, silakan SHARE ya 😀

COMMENTS

BLOGGER: 2
Loading...
Nama

Cerita Bunda,3,Dunia Anak,19,Jalan-jalan,3,Kecantikan & Kesehatan,11,Tips Dapur,5,Tips Praktis,2,
ltr
item
BacaanBunda: Sulit Punya “Si Mbak” Yang Awet? Bunda Wajib Baca Ini!
Sulit Punya “Si Mbak” Yang Awet? Bunda Wajib Baca Ini!
Kesibukan rumah tangga yang tidak pernah selesai, membuat Bunda sudah selayaknya dibantu seorang asisten yang biasa disebut “si mbak”. Masalah muncul ketika Bunda merasa sulit menemukan si mbak yang betah. Coba tips berikut ini ya ya Bun. Semoga bisa mendapat pembantu rumah tangga yang awet dan betah.
https://1.bp.blogspot.com/-GOIiZPY-gXE/Wmd6ljwjfnI/AAAAAAAAPSg/WAWR_mpYSmQ9K9z-h4E_ypuqawOdZeI6QCLcBGAs/s640/pembantu%2B-73kb%2B-%2B630.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-GOIiZPY-gXE/Wmd6ljwjfnI/AAAAAAAAPSg/WAWR_mpYSmQ9K9z-h4E_ypuqawOdZeI6QCLcBGAs/s72-c/pembantu%2B-73kb%2B-%2B630.jpg
BacaanBunda
https://www.bacaanbunda.com/2018/01/tips-pembantu-rumah-tangga-awet-dan-betah.html
https://www.bacaanbunda.com/
https://www.bacaanbunda.com/
https://www.bacaanbunda.com/2018/01/tips-pembantu-rumah-tangga-awet-dan-betah.html
true
2070171022595136136
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy