Ini Cara Membuat Si Kecil Suka Makanan Sehat.

Tapi tidak mudah membuat anak suka makanan sehat. Ada saja caranya untuk menolak. Tenang Bun, tak perlu harus jadi seorang koki handal kok untuk bisa menyajikan makanan sehat bernutrisi untuk si kecil.

cara membuat anak suka makanan sehat


Anak yang dalam masa pertumbuhan, membutuhkan nutrisi makanan sehat yang cukup. Ini akan jadi bekal baginya untuk tumbuh sehat, kuat, bersemangat melakukan banyak hal, dan punya kesempatan mengembangkan bakatnya. 

Tapi tidak mudah membuat anak suka makanan sehat. Ada saja caranya untuk menolak. Mulai dari melepeh
mencoba makan tapi lama dikunyah, bahkan ada yang sampai menutup rapat mulutnya sebagai tanda penolakan. 


Inilah tantangan tersendiri bagi Bunda untuk bisa membuat anak menyukai makanan sehat. Tenang Bun, tak perlu harus jadi seorang koki handal kok untuk bisa menyajikan makanan sehat bernutrisi untuk si kecil 😀

Berikut ini 
cara membuat anak suka makanan sehat:

1. Kenalkan sejak dini. 

Pengenalan makanan sehat bisa dimulai sedini mungkin. Ketika anak sudah mengenal makanan lain selain ASI atau susu, yaitu sekitar 7 atau 8 bulan. Bunda bisa mengenalkan sayur dan buah dalam bentuk bentuk bubur. Bisa juga diolah juga jadi jus. 

Bunda Carol punya cerita membuat bubur brokoli untuk Baby Dean. Berikut ini resepnya:

Bahan: 

  • Brokoli secukupnya. Pilih yang segar. 
  • Unsalted Butter ( UB ).
  • ASI/Air matang.

Cara membuat: 

  • Rendam brokoli dengan air garam sekitar 3 menit untuk mengeluarkan ulat-ulat yang mungkin ada pada brokoli. Selanjutnya cuci bersih.
  • Kukus brokoli sekitar 15 menit. Jangan terlalu lama. Pastikan warnanya masih tetap hijau segar.
  • Blender rebusan brokoli, atau tekan-tekan di atas saringan kawat dengan sendok.
  • Tambahkan UB ke dalam brokoli, dan siap disajikan
Mudah ya Bun. Silakan dicoba ☺




cara membuat anak suka makanan sehat
Bubur Brokoli ala Bunda Carol.

Nah, ketika anak sudah bisa mengenal bentuk lewat gambar, lanjutkan dengan mengenalkan gambar makanan sehat dengan bentuk dan warna yang menarik. Ini akan lebih mudah mengingatnya. 


Bisa juga dengan mengajak melakukan permainan tebak gambar. Tunjukkan gambarnya, minta si kecil menebak apa nama sayur atau buah yang ada pada gambar.


2. Sajikan dengan cara menarik.

Cara menyajikan makanan juga memengaruhi mood si kecil untuk mau menikmati nya. 
Lalukan beberapa cara berikut: 

  • Nasi dengan bentuk yang menarik. 

Bunda bisa menggunakan cetakan nasi dengan bentuk favorit si kecil, misalnya mobil-mobilan, bunga, boneka panda, hello kitty,  dan lainnya.
Coba cari di toko online. Disana banyak tersedia berbagai bentuk dengan harga yang terjangkau. 

Sumber: Pinterest

  • Susun buah potong dengan bentuk yang menarik

Beri kesempatan si kecil untuk bersenang-senang dengan hidangan buah sehat. Tunjukkan bagaimana menikmatinya dengan cara yang seru. 

Ada banyak ide menyusun potongan buah untuk anakTak perlu waktu berjam-jam untuk membuatnya. Hanya butuh sedikit kesabaran, ketelatenan, kreativitas dan CINTA 😀


  • Gunakan wadah makan yang menarik.

Kalau Bunda tidak punya waktu banyak untuk berkreasi membuat bentuk makanan yang menarik, coba siasati dengan penggunaan wadah makan dengan gambar favorit si kecil. 

Ini akan jadi hiburan tersendiri dan mengalihkan pikirannya dari ketidaksukaan pada makanan di hadapannya. Ini juga akan bikin waktu makannya jadi makin seru loh Bun.


3. Sajikan dengan bentuk yang berbeda.

Makanan sehat dengan bentuk asli biasanya kurang disukai si kecil. Coba ubah penyajiannya dengan bentuk yang berbeda. 

Contohnya: 
  • Olah buah menjadi puding yang segar.
  • Buat nugget yang berisi campuran sayuran.
Biar tidak bosan, nugget sayuran bisa dikreasikan pada sandwich, seperti cerita Bunda Dewi di blog nya tentang Kreasi Bekal pakai Nugget. Di resep itu pakai nugget ayam. Nah, Bunda bisa modif dengan nugget sayuran. Silakan mampir untuk melihat resep sandwichnya ya. ☺


cara membuat anak suka makanan sehat
Nugget Sandwich ala Bunda Dewi

Pengolahan yang berbeda ini akan menyamarkan komposisi sayuran atau buah. Anak-anak pasti suka nugget atau puding kan ya 😀



4. Kenalkan variasi makanan pada si kecil.

Anak dengan usia 3-5 tahun umumnya hanya mau mengkonsumsi makanan yang itu-itu saja dan cenderung pemilih makanan (picky eater). Si kecil akan menolak mencoba variasi makanan baru. 

Kenyataannya, tidak ada satu pun jenis makanan mengandung nutrisi lengkap yang dibutuhkan si kecil. Padahal di usia itu si kecil membutuhkan energi makanan yang cukup agar bisa beraktivitas dan bergerak dengan baik. 

Bunda perlu berpikir kreatif bagaimana agar si kecil mau mencoba berbagai variasi makanan. 


Tidak ada salahnya memasukkan makanan tradisional dalam menu makanan sehari-sehari si kecil, misalnya soto ayam, ayam bakar kecap, rawon, atau gadon tahu yang rendah lemak juga bisa. 

Pilih menu yang tidak terlalu pedas ya Bun, kasihan si kecil kalau kepedasan 😀

5. Libatkan anak dalam proses menyiapkan makanan sehat. 

Salah satu cara membuat anak suka makanan sehat adalah dengan melibatkan dalam proses menyiapkan makanan. 
  • Ajak si kecil menyusun menu makanan seminggu bersama-sama. 
  • Ajak berbelanja bahan makanan ke pasar atau ke supermarket. Kenalkan dengan berbagai jenis bahan makanan segar.
  • Libatkan anak dalam memasak. Buatlah jadwal rutin minimal 2x seminggu untuk kegiatan memasak bersama anak. 
Libur sekolah waktu yang paling cocok untuk mengenalkan hal baru pada si kecil. Salah satu ide liburan anak yang murah dan menyenangkan adalah dengan mengajak anak ke pasar atau melakukan fun cooking di rumah. 

6. Ciptakan suasana makan yang nyaman.

Suasana turut memengaruhi mood makan anak. Coba perhatikan suasana di ruang makan. 
  • Apakah meja makan sudah rapi? Jangan-jangan masih ada sisa makan sebelumnya yang belum dibersihkan. 
  • Tentukan jadwal makan bersama di meja makan lengkap dengan Ayah dan Bunda. Bisa dilakukan pada malam hari saat semua anggota keluarga sudah lengkap. Si kecil akan melihat Ayah Bunda juga makan makanan yang sama dengannya. 
  • Perhatikan suasana hati si kecil. Apa sebelumnya baru bertengkar dengan adik atau kakaknya? Atau mungkin Bunda baru saja marah padanya? Ini bisa merusak mood makannya. 

7. Hindari Makanan cepat saji (Junk food).

Kesibukan Bunda bisa menjadi penghalang memberi makanan sehat bagi si kecil. Alih-alih mau memberi makanan sehat, justru malah memberi makanan instan dan cepat saji. 
Makanan cepat saji rasanya memang lebih gurih. Tapi kurang sehat karena mengandung penyedap rasa, bahan pengawet, garam yang banyak, atau mungkin pewarna makanan. 

Anak yang sering makan makanan cepat saji memang mudah gemuk, tapi terlihat tidak sehat. Bahan pengawet pada makanan mempersulit proses penguraian lemak, sehingga lemak menumpuk. Akibatnya obesitas pada anak. 


Cobalah memasak sendiri makanan di rumah. Bunda bebas menyusun menu untuk nutrisi seimbang yang dibutuhkan si kecil 



8. Biasakan memberi makanan sehat, termasuk juga camilan sehat. 

Camilan anak tidak harus keripik, kentang goreng, permen atau  kue yang manis. Coba ganti menjadi camilan sehat seperti sate buah, puding buah, sereal, smoothies dan lainnya.

Bunda Liswanti, seorang Mom Blogger dari Jakarta berbagi resep puding ubi ungu. Silakan mampir untuk lihat resepnya ya Bun. 


cara membuat anak suka makanan sehat
Puding Ubi Ungu ala Bunda Liswanti.

Itulah beberapa cara membuat anak suka makanan sehat. Hal ini penting untuk bekal beraktifitas di masa pertumbuhannya. Anak sehat generasi kuat. 

Yuk jadikan waktu makan sebagai hal yang menyenangkan bagi si kecil. Kalau Bunda punya tips lain, silakan share di kolom komentar ya. 


COMMENTS

BLOGGER: 9
Loading...
Nama

Cerita Bunda,6,Dunia Anak,20,Jalan-jalan,3,Kecantikan & Kesehatan,12,Tips Dapur,6,Tips Praktis,3,
ltr
item
BacaanBunda: Ini Cara Membuat Si Kecil Suka Makanan Sehat.
Ini Cara Membuat Si Kecil Suka Makanan Sehat.
Tapi tidak mudah membuat anak suka makanan sehat. Ada saja caranya untuk menolak. Tenang Bun, tak perlu harus jadi seorang koki handal kok untuk bisa menyajikan makanan sehat bernutrisi untuk si kecil.
https://4.bp.blogspot.com/-LD4vPxa6SSU/WpTjh5vUwXI/AAAAAAAAQTc/p-FbqUd-J58jhBWClzxmW5Be6t9hnnvOwCLcBGAs/s640/watermelon-846357_640.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-LD4vPxa6SSU/WpTjh5vUwXI/AAAAAAAAQTc/p-FbqUd-J58jhBWClzxmW5Be6t9hnnvOwCLcBGAs/s72-c/watermelon-846357_640.jpg
BacaanBunda
https://www.bacaanbunda.com/2018/02/cara-membuat-anak-suka-makanan-sehat.html
https://www.bacaanbunda.com/
https://www.bacaanbunda.com/
https://www.bacaanbunda.com/2018/02/cara-membuat-anak-suka-makanan-sehat.html
true
2070171022595136136
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy