Cara Membuat Cuka Apel Untuk Kecantikan.

Buah apel yang segar memiliki kandungan yang cukup baik untuk tubuh. Selain bisa dinikmati langsung seperti yang biasa kita lakukan, bisa juga diolah menjadi cairan cuka apel yang bermanfaat, baik untuk kesehatan atau kecantikan. Inilah cara membuat cuka apel untuk kecantikan

Cara Membuat Cuka Apel Untuk Kecantikan


Apel cukup mudah ditemukan di sekitar kita. Buahnya yang segar memiliki kandungan yang cukup baik untuk tubuh. 
Selain bisa dinikmati langsung seperti yang biasa kita lakukan, bisa juga diolah menjadi cairan cuka apel  yang bermanfaat, baik untuk kesehatan atau kecantikan. 

Dengan proses fermentasi, kandungan asam aminonya bertambah. Proses ini juga yang menambah khasiatnya.

Walau bisa ditemukan di pasar swalayan atau  apotek, cuka apel ternyata bisa dibikin sendiri loh Bun. Caranya mudah, dan cukup ekonomis. 


kelebihan dan kekurangan obat tradisional

Cara Membuat Cuka Apel Untuk Kecantikan.


Bahan yang dibutuhkan: 


1. Buah apel secukupnya.
Pilih apel yang kondisinya baik, masih segar, dan tidak ada cacat pada permukaannya. Semua bagian utuh apel bisa digunakan, termasuk juga kulit dan bijinya. Cuci bersih apel kemudian potong-potong dadu ukuran 1x1 cm.

2. Gula pasir secukupnya (bisa diganti dengan gula aren)

3. Air matang

4. Cuka apel yang sudah jadi. Ini sifatnya opsional, bisa dipakai bisa tidak. Gunanya untuk mempercepat proses fermentasi. 

4. Stoples kaca bertutup. 
Pilih ukuran yang bisa menampung semua apel yang sudah dipotong-potong.

Cara membuatnya:


1. Larutkan air dengan gula pasir (atau gula aren). 

2. Apel yang sudah dipotong-potong dimasukkan dalam stoples kaca. Tambahkan larutan gula. Pastikan semua apel sudah terendam dengan baik. Jika airnya masih kurang, boleh tambahkan lagi. 

3. Tambahkan cuka apel yang sudah jadi (bisa di skip kalau memang tidak diperlukan)

4. Aduk rata semua campuran yang ada di dalam stoples .

5. Tutup wadah stoples serapat mungkin. Pastikan tidak ada lagi udara yang bisa masuk. 

6. Taruh di tempat yang aman. Hindarkan dari sinar matahari langsung. Diamkan selama 3 minggu. Ini adalah proses fermentasi pertama. 

7. Setelah 3 minggu, angkat semua potongan apel yang ada dalam stoples. Biasanya apel sudah mulai layu dan berwarna gelap. Sarinya juga sudah hilang.

8. Pindahkan cairan cuka apel ke dalam stoples berpenutup yang baru. Pastikan tidak ada lagi potongan apel yang ikut. Tutup kembali dengan rapat hingga tidak ada udara yang masuk. 

9. Lanjutkan proses fermentasi tahap kedua dengan mendiamkan cairan cuka apel selama 3-4 minggu.

10. Setelah 4 minggu, buka stoples, cek cairan cuka yang sudah Bunda buat. Jika keasamannya sudah cukup, berarti cuka apel sudah berhasil. Simpan dalam kulkas agar cairan bisa lebih awet. 

Itulah cara membuat cuka apel. Mudah bukan? 

Cara membuat cuka apel untuk kecantikan

Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan.

Apel punya segudang manfaat. Baik yang masih berbentuk buah utuh, atau yang sudah berbentuk cuka apel. Berikut ini kita akan lihat manfaat cuka apel untuk kecantikan: 

1. Penyegar dan pelembut kulit. 


Dikenal dengan istilah adalah Skin Soother (penenang kulit). Kalau perawatannya kurang, kulit juga bisa stres loh Bun. Ciri-cirinya kulit jadi kusam, berkerut dan kering. Apalagi kalau sering terkena matahari dan debu. kemungkinan stresnya kulit akan lebih tinggi. 

Gunakan cuka apel untuk mengembalikan kesegarannya. 
Caranya: Campurkan 240 ml cuka apel ke dalam bathtub yang  berisi air hangat. Kadar PH dalam cuka apel akan kembali menyegarkan kulit stres.

2. Toner wajah. 


Kandungan alami pada cuka apel akan melancarkan sirkulasi darah pada wajah, dan mengecilkan pori-pori. 

Caranya: Bersihkan wajah dan keringkan. 

Campur 1 sdm cuka apel dengan secangkir air putih. Gunakan kapas wajah yang lembut. Celupkan kapas dalam larutan cuka dan usapkan pada wajah. Diamkan sesaat hingga toner meresap dan mengering dengan sendirinya. Basuh dengan air bersih. 

3. Merawat rambut setelah memakai hair spray dan cat rambut. 


Hair spray dan cat rambut yang digunakan untuk menata rambut jadi lebih indah, ternyata mengandung zat kimia yang bisa merusak rambut, bikin rambut jadi kering.

Campurkan 2 sdm cuka apel dan secangkir air. Gunakanlah saat keramas. Usapkan dengan merata pada seluruh bagian rambut setelah menggunakan sampo, sebelum menggunakan conditioner. Diamkan beberapa saat, lalu bilas. 

Cuka apel akan mengembalikan kelembapan rambut. Rasanya akan lebih ringan, dan segar. 

4. Memulihkan kulit  yang terbakar sinar matahari. 

Sinar matahari dengan cepat bisa membakar kulit kita. Gunakan cairan cuka apel untuk memulihkannya. 

Caranya: campur 1/2 cangkir cuka apel dengan 4 cangkir air. Gunakan waslap atau handuk kecil. Celupkan pada larutan cuka apel dan usapkan ke kulit yang terbakar. Gunakan rutin selama beberapa hari.

Kandungan yang ada pada cuka apel akan membantu memulihkan kulit kering yang menghitam karena matahari.

5. Anti Ketombe. 


Bunda punya masalah dengan ketombe? Hmm.. penampilan cantik akan terganggu kalau ada ketombenya ya Bun 

Coba deh pakai cairan cuka apel dan air. Campurkan dengan perbandingan 1:1. . Usapkan pada kulit kepala sebelum keramas. Pijat lembut dengan merata. pada semua bagian kulit kepala. 

Bisa juga dengan mencampurkan cairan cuka dan sampo. Gunakan bersamaan saat keramas. cuka apel bisa memulihkan lapisan kulit kepala untuk mencegah ketombe balik lagi.

6. Menghilangkan Bau Kaki. 


Bau kaki bisa disebabkan keringat yang bercampur bakteri dan kotoran pada kaki. Rasanya pasti kurang nyaman, apalagi kalau sampai tercium orang lain. 

Bunda bisa gunakan cairan cuka apel untuk membersihkan kaki setelah memakai sepatu.

Caranya: Campurkan secangkir cuka apel dengan air dengan perbandingan 1:4. Gunakan wadah baskom yang agak lebar. Rendam kaki selama 20-30 menit dengan larutan cuka, kemudian bilas dengan bersih. 

Cuka Apel mengandung antiseptik alami yang ampuh mengatasi bakteri penyebab bau kaki, membasmi jamur dan kutu air.

cara memilih parfum yang tahan lama

Itulah cara membuat cuka apel untuk kecantikan Khasiat buah apel ternyata bukan hanya saat menikmati buahnya yang utuh dan segar. Tapi juga banyak khasiatnya jika diolah jadi cairan cuka apel. 

Bunda sudah pernah bikin cuka apel? Boleh cerita di kolom komentar ya Bun. 

Sumber foto: Pixabay

COMMENTS

BLOGGER: 4
Loading...
Nama

Cerita Bunda,6,Dunia Anak,20,Jalan-jalan,3,Kecantikan & Kesehatan,12,Tips Dapur,6,Tips Praktis,3,
ltr
item
BacaanBunda: Cara Membuat Cuka Apel Untuk Kecantikan.
Cara Membuat Cuka Apel Untuk Kecantikan.
Buah apel yang segar memiliki kandungan yang cukup baik untuk tubuh. Selain bisa dinikmati langsung seperti yang biasa kita lakukan, bisa juga diolah menjadi cairan cuka apel yang bermanfaat, baik untuk kesehatan atau kecantikan. Inilah cara membuat cuka apel untuk kecantikan
https://4.bp.blogspot.com/-7tsGsozziQE/WpPoSxg8PKI/AAAAAAAAQOQ/3kTp9IxK73UF_nYINCtLTGlWB1_2BsNBACLcBGAs/s640/apple-3139465_640.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-7tsGsozziQE/WpPoSxg8PKI/AAAAAAAAQOQ/3kTp9IxK73UF_nYINCtLTGlWB1_2BsNBACLcBGAs/s72-c/apple-3139465_640.jpg
BacaanBunda
https://www.bacaanbunda.com/2018/02/cara-membuat-cuka-apel-untuk-kecantikan.html
https://www.bacaanbunda.com/
https://www.bacaanbunda.com/
https://www.bacaanbunda.com/2018/02/cara-membuat-cuka-apel-untuk-kecantikan.html
true
2070171022595136136
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy