Anak Sering Bertengkar? Jangan Pusing Bun, Ini Solusinya

Perseteruan pada anak-anak adalah hal yang wajar. Hampir dialami oleh orang tua di belahan dunia mana pun. Jadi tenang saja, Bunda tidak sendiri kok mengalaminya.



Halo Bunda.. Siapa yang lagi pusing karena setiap hari menghadapi pertengkaran anak-anak? Duh, bukan cuma pusing saja, tapi juga ikutan esmosi jiwa ya 
😀  
Apalagi kalau penyebab nya hanya masalah sepele.
Kalau Bunda adalah salah satunya, Bunda wajib baca artikel ini sampai selesai.

Perseteruan pada anak-anak adalah hal yang wajar. Hampir dialami oleh semua anak di belahan dunia mana pun. Jadi tenang saja, Bunda tidak sendiri kok mengalaminya. Perseteruan ini disebut dengan istilah sibling rivalry, yaitu persaingan di antara saudara kandung.

Berikut ini BacaanBunda akan berbagi tips menghadapi pertengkaran anak. Sebelumnya, ketahui dulu beberapa fakta berikut ya Bun.

Fakta tentang Perselisihan Saudara Kandung.

1. Akar dari perselisihan antar adik kakak adalah rasa cemburu satu sama lain. 
Semua berawal dari kehadiran sang adik, si kakak mulai merasa cemburu. Yang tadinya pusat perhatian hanya ditujukan padanya, sekarang dia harus berbagi dengan orang lain, yaitu adiknya sendiri. Persaingan itu pun dimulai.  

Hampir semua anak merasa cemburu dengan adik atau kakaknya, baik yang langsung kelihatan, atau tidak. Bahkan anak yang karakternya tenang pun, tetap menunjukkan kecemburuan terhadap saudaranya.

2. Adu fisik lebih sering terjadi daripada adu mulut. 
Ini terutama terjadi pada anak berusia 2 atau 5 tahun. Pada tahap ini, anak cepat menunjukkan reaksi fisiknya. 

3. Objek utama perselisihan biasanya karena mainan atau permainan. 
Keduanya ingin bermain di waktu yang sama, tapi tidak mau saling berbagi dengan yang lain. 

4. Tiap anak karakternya beda , jangan disamakan.
Ada anak yang karakternya agresif, tidak rela jika dirinya merasa "tertindas". Tapi ada juga yang karakternya mengalah.  Ada yang pasrah dengan apapun yang dialaminya dari saudaranya, cenderung tidak mau berkonflik. 

5. Hal yang umum jika adik kakak bertengkar. 
Pertengkaran anak-anak bukan suatu hal yang luar biasa kok Bun. Katakan saja dalam hati: "Biasa kok anak bertengkar.. Sebentar bertengkar,  sebentar teriak-teriak, sebentar lagi sudah main bersama."  
Jadi tidak perlu  bawa perasaan, alias baper. 😀


cara mengatasi pertengkaran anak



Tips Menghadapi Perselisihan Adik Kakak

Kita sudah tau fakta dibalik pertengkaran adik kakak. Nah sekarang apa yang bisa Bunda lakukan untuk menghadapinya? Yuk disimak ya Bun.

1. Jika ada anak yang sedang mengadu, dengarkan keluhannya dengan serius. 
Pasti ada saja yang akan datang dan mengadu pada Bunda tentang saudaranya. Dengarkan anak yang sengan mengutarakan keluhannya. 
Bagi Bunda mungkin itu hal yang sepele, tapi buat anak-anak, itu hal yang serius. 


2. Tidak terlalu terlibat.

Selama semuanya masih aman dan tidak ada kontak fisik yang terjadi, biarkan saja Bun. Biarkan anak-anak menangani masalahnya terlebih dulu. Ini penting, terutama untuk anak usia 7 tahun ke atas. 

Kalau Bunda selalu jadi penengah, mereka akan berpikir, apa pun konflik yang mereka alami, Bunda akan selalu ada sebagai pemberi solusi, dan mereka akan tergantung pada Bunda. 

3. Tahan diri ya Bun, jangan terpancing emosi.
Kadang hanya karena tidak sabar mendengar teriakan pertengkaran anak-anak, justru membuat Bunda terpancing emosi nya. Malah ikut marah-marah dan teriak juga. 
Sabar Bun, tarik napas, buang napas.. 
Stay alert saja, pasang mata dan telinga. Sambil tetap memastikan bahwa mereka baik-baik saja 😀

4. Untuk meminimalkan konflik, berikan mainan yang bisa dimainkan bersama. 
Walau ada perbedaan usia antara keduanya, cobalah mencari permainan yang bisa dimainkan bersama, misalnya main bola atau  menyusun puzzle bersama. 
Untuk anak perempuan bisa main rumah-rumahan. Si kakak berperan sebagai ibu, si adik sebagai anak. 

5. Ajak anak-anak melakukan kegiatan bersama.
Bunda punya hobi membuat kue? Coba ajak anak-anak membuatnya bersama. Bisa juga membuat mainan playdough bersama. Atau ajak mereka membuat kreasi potongan buah yang lucu-lucu.
Ini akan menumbuhkan kekompakan diantara mereka. 

6. Jadilah Contoh.
Anak akan melihat figur panutan ter dekatnya, yaitu Ayah dan Bunda.

Ketika menghadapi konflik, jika ayah Bunda bisa saling menahan emosi, tidak berseteru di depan anak, meraka akan belajar tentang hal itu. 

7. Konsultasi kan dengan Ahlinya.
Jika pertengkaran terjadi terus menerus, tanpa bisa dikontrol, cobalah untuk berkonsultasi dengan ahlinya. Bisa dengan psikolog anak, guru di sekolah, atau mungkin dengan ahli agama. 

Apalagi kalau sudah sering terjadi kontak fisik yang terlalu dalam. Ini demi keselamatan masing-masing anak. Membiarkan sama saja dengan menanam karakter emosional pada mereka. 

cara mengatasi pertengkaran anak


Manfaat Perselisihan Adik Kakak

Bertengkar tidak selamanya jelek. Banyak pelajaran yang bisa diambil anak-anak dari kejadian tersebut. Antara lain:

1. Sarana  untuk saling mengenal karakter masing-masing. 
Mereka akan belajar dan saling tahu kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

2. Belajar menyelesaikan konflik yang datang pada dirinya. 
Ini jadi bekal sampai mereka besar. Mereka nantinya akan berhadapan dengan banyak orang. Konflik sosial akan semakin sering muncul. Kalau mereka sudah punya bekal dari kecil untuk menyelesaikan konflik, ketika besar mereka akan lebih mudah menghadapinya. 

3. Belajar mengendalikan diri dan emosi.
Di sini peran orang tua dibutuhkan. Kalau Bunda tetap tenang, maka anak pun akan meniru. 




cara mengatasi pertengkaran anak

Itulah beberapa hal yang perlu Bunda ketahui ketika anak-anak bertengkar. 

Bunda punya solusi lain ketika menghadapi anak bertengkar? Silakan sharing di kolom komentar ya. Sharing Bunda akan membantu yang lainnya :)

COMMENTS

BLOGGER: 6
Loading...
Nama

Cerita Bunda,3,Dunia Anak,9,Jalan-jalan,3,Kecantikan & Kesehatan,7,Tips Dapur,2,Tips Praktis,2,
ltr
item
BacaanBunda: Anak Sering Bertengkar? Jangan Pusing Bun, Ini Solusinya
Anak Sering Bertengkar? Jangan Pusing Bun, Ini Solusinya
Perseteruan pada anak-anak adalah hal yang wajar. Hampir dialami oleh orang tua di belahan dunia mana pun. Jadi tenang saja, Bunda tidak sendiri kok mengalaminya.
https://1.bp.blogspot.com/-7ZJpSqHnzKk/WnQoAZB7O1I/AAAAAAAAPrM/z0zdcnaJGHMf5UHyH299m_Wc9utJnyCJACLcBGAs/s640/anak%2Bberantem-iloveimg-compressed.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-7ZJpSqHnzKk/WnQoAZB7O1I/AAAAAAAAPrM/z0zdcnaJGHMf5UHyH299m_Wc9utJnyCJACLcBGAs/s72-c/anak%2Bberantem-iloveimg-compressed.jpg
BacaanBunda
https://www.bacaanbunda.com/2018/02/cara-mengatasi-pertengkaran-anak.html
https://www.bacaanbunda.com/
https://www.bacaanbunda.com/
https://www.bacaanbunda.com/2018/02/cara-mengatasi-pertengkaran-anak.html
true
2070171022595136136
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy