Jangan Salah Pilih. Bunda Juga Perlu Tahu Jenis-jenis Keju

Siapa yang tidak kenal keju? Yang satu ini sering jadi makanan favorit banyak orang. Tapi belum banyak yang tahu kalau keju ada sekitar 300 jenis loh. Jangan sampai salah pilih ya. Rasa, tekstur dan fungsinya bisa berbeda.

jenis-jenis keju di dunia



Siapa yang tidak kenal keju? Yang satu ini sering jadi makanan favorit banyak orang. Tapi belum banyak yang tahu kalau keju ada sekitar 300 jenis loh. Jangan sampai salah pilih ya. Rasa, tekstur dan fungsinya bisa berbeda. 

Keju adalah produk olahan dari susu, seperti susu sapi, domba, kerbau, atau kambing. Pengolahan umumnya melalui proses fermentasi dengan menggunakan asam laktat. Tapi ada juga yang tanpa fermentasi. Untuk mendapatkan keju alami dengan kualitas bagus, dibutuhkan susu yang berkualitas juga. Keju baik untuk anak-anak karena kaya akan nutrisi penting untuk pertumbuhan. Kandungan protein dan kalsiumnya cukup tinggi. 


jenis-jenis keju di dunia


Jenis -jenis Keju di Dunia.

Jenis keju yang sering kita temukan di pasaran adalah keju cheddar, mozarella, dan parmesan. Tapi sebenarnya banyak sekali jenis keju di dunia. Ada sekitar 300 jenis. Bunda tidak wajib tahu semua jenisnya. Cukup beberapa saja yang paling terkenal dan sering digunakan pada makanan. 

Berikut ini 10 jenis keju yang paling terkenal di dunia.

1. Cheddar.

Ini keju yang paling terkenal. Awalnya  berasal dari desa Cheddar di Somerset Inggris. Walau saat ini sudah banyak juga diproduksi di Indonesia. 

Kandungan kalsium dan protein dan lemaknya cukup tinggi, hampir sama dengan yang terdapat pada susu. 

Keju cheddar termasuk dalam jenis hard cheese. Teksturnya agak keras. Keju muda warnanya kuning pucat dan tidak terlalu keras. Semakin tua, warnanya akan semakin kuning. Aromanya ringan, tidak terlalu tajam. Tapi rasanya tetap enak. 

Bunda bisa menggunakan keju cheddar pada roti, burger, sandwich, dan lainnya. Penyajiannya bisa dengan diparut, dipotong-potong atau dilelehkan di atas kompor.


jenis-jenis keju di dunia


2. Mozarella

Mozarella salah satu jenis keju lunak (soft cheese) yang dibuat pertama sekali di Italia. Awalnya, bahan utamanya susu kerbau. Tapi lambat laun karena sulit ditemukan, akhirnya lebih sering pakai susu sapi yang digunakan yang tinggi lemak

Bentuk keju mozarella seperti cream. Warnanya muda cenderung putih, tekstur lembut agak elastis. 

Jenis keju ini paling sering digunakan sebagai toping makanan seperti pizza, martabak, bahkan nasi goreng. 


bentuk keju mozarella


3. Parmesan.

Di daerah asalnya di Parma Italia, keju ini dikenal dengan nama Parmigiano-Regiano. Tapi sudah banyak diproduksi juga di Amerika dengan nama Parmesan, termasuk di Indonesia.

Bahan bakunya susu sapi. Proses pengolahan makan waktu cukup lama, sekitar 12-36 bulan. Semakin matang fermentasinya, semakin enak rasanya. Teksturnya padat, bentuk kejunya bulat besar berwarna kuning pucat. 

Di Indonesia, keju parmesan biasanya dijual dalam bentuk kemasan yang sudah diparut halus hingga berbentuk bubuk. Sering digunakan sebagai taburan makanan misalnya pada spageti, pizza atau makaroni. 


jenis-jenis keju di dunia


4. Edam. 

Sesuai namanya, keju ini pertama sekali dibuat di kota Edam, Holland Utara di Belanda. 
Keju edam dibuat dari susu skim, yaitu susu yang sudah dikurangi kadar lemaknya melalui proses pemisahan lemak pada susu. Kandungan lemaknya hanya sekitar 28%. Rasanya sangat lembut dan agak asin. 

Bentuknya bulat, dilapisi lilin berwarna merah. Sekilas bentuknya mirip buah apel. Keju ini termasuk dalam jenis hard cheese. Sering digunakan sebagai bahan untuk membuat cheese stick, kastengel, nastar, dan lainnya. 


gambar keju

5. Gouda.

Gouda termasuk salah satu keju yang paling enak di dunia. Asalnya sama seperti keju Edam, yaitu Belanda. Dibuat pertama sekali di sebuah kota kecil yang bernama Gouda. Hingga kini di kota Gouda masih terdapat pasar keju. Untuk membelinya, pengunjung bertransaksi dengan penjual dengan cara menepukkan tangan, hingga mendapatkan kesepakatan harga.

Bentuk bulatnya sangat khas. Termasuk jenis keju semi keras. Rasanya creamy, lembut di lidah. Semakin lama disimpan, akan semakin garing. Sering digunakan sebagai toping pada salad. 


gambar keju


6. Ricotta

Nama ricotta berasal dari bahasa Latin, yaitu recocta yang artinya dimasak lagi. Keju ini memang awalnya  berasal dari air dadih sisa pembuatan keju lain yang diolah lagi. Namun saat ini keju riccota sudah bukan lagi dari dadih, tetapi dari susu yang sudah di skim. Untuk membedakannya, keju dari susu skim teksturnya lebih berpasir dan tidak terlalu halus. 

Bahan utamanya dari susu sapi atau domba. Teksturnya lembut, mudah hancur. Warnanya putih seperti salju. Karena melalui proses skim, kandungan lemaknya cukup rendah. 
Sering digunakan untuk campuran salad.


gambar keju


7. Keju Emmental

Ada yang sudah pernah liat keju seperti ini? Bentuk kejunya berlubang-lubang besar, mirip seperti keju yang terdapat pada film kartun Tom and Jerry ya 😀.

Asalnya dari Swis. Keju ini terbuat dari susu sapi mentah. Pengentalan susu menggunakan  bakteri, kemudian dicetak. Setelah dicetak, keju akan direndam dengan air asin dan disimpan dalam ruangan dingin selama 2 minggu. Lubang yang terbentuk berasal dari karbon dioksida yang tidak dapat keluar karena kulit keju yang tebal. 

Semakin matang kejunya, maka lubang yang terbentuk akan makin besar. 

Rasanya gurih tapi tidak terlalu asin. Kualitas kejunya cukup tinggi. Kalau dipakai pada sandwich panggang, kejunya akan meleleh dengan sempurna. Yummy 😀


jenis-jenis keju di dunia
Foto: swissinfo.ch

8. Stilton

Ini salah satu keju yang paling enak yang berasal dari Inggris. Ciri khasnya ada pada corak biru yang berasal dari jamur yang digunakan pada proses pembuatannya. Ketika diproses, jarum akan ditusuk-tusukkan agar udara dalam keju bisa keluar. makanya terdapat lubang-lubang halus pada permukaan keju. 

Kadar lemaknya cukup tinggi, sekitar 52%. Teksturnya lembut dan creamy. 

jenis-jenis keju di dunia

9. Cream Cheese.

Keju ini tidak melalui proses fermentasi, sehingga teksturnya sangat lembut. Mirip seperti mentega. Yang membedakan adalah warnanya yang putih seperti tahu, dan rasanya sedikit asam. 

Cream cheese termasuk kategori soft cheese. Karena sangat lembut, Cream cheese harus disimpan dalam kulkas. Jika di luar kulkas, hanya bertahan maksimal 2 jam. 

Cream cheese yang asli, harga cukup mahal. Namun saat ini Bunda sudah bisa membuat cream cheese homemade dengan rasa yang hampir sama seperti aslinya.

Cream cheese sering digunakan sebagai lapisan pada cheese cake, toping pada kue, atau dicampur langsung pada adonan. Jarang yang dimakan langsung. 


jenis-jenis keju di dunia
Foto: bhg.com

10. Camembert.

Keju yang berasal dari Perancis ini memiliki lapisan tipis berwarna putih. Bagian dalamnya berwarna kuning pucat, dengan bentuknya yang bulat. 

Teksturnya lembut dan creamy, bagian dalamnya mudah meleleh. Sering digunakan untuk olesan roti. Rasanya sedikit asin.


jenis-jenis keju di dunia


Sekarang Bunda sudah tahu beberapa jenis keju yang terkenal dunia. Memang ada yang tidak masuk ke pasar Indonesia. Tapi kalau Bunda berkunjung ke negara asalnya, Bunda dengan mudah bisa menemukan disana.

Bunda pernah coba keju selain cheddar, mozarella, dan parmesan? Dari beberapa jenis di atas, ada yang jadi favorit si kecil? Silahkan share di kolom komentar ya. 

Selamat menikmati keju favorit ☺


COMMENTS

BLOGGER: 6
Loading...
Nama

Cerita Bunda,6,Dunia Anak,20,Jalan-jalan,3,Kecantikan & Kesehatan,12,Tips Dapur,6,Tips Praktis,3,
ltr
item
BacaanBunda: Jangan Salah Pilih. Bunda Juga Perlu Tahu Jenis-jenis Keju
Jangan Salah Pilih. Bunda Juga Perlu Tahu Jenis-jenis Keju
Siapa yang tidak kenal keju? Yang satu ini sering jadi makanan favorit banyak orang. Tapi belum banyak yang tahu kalau keju ada sekitar 300 jenis loh. Jangan sampai salah pilih ya. Rasa, tekstur dan fungsinya bisa berbeda.
https://4.bp.blogspot.com/-Ag2kkTtYEv8/Wp5AdPLJQtI/AAAAAAAAQbo/fM-y9Tt283Y7n-URJ1TLTXT-8-JxJ85VQCPcBGAYYCw/s640/Jenis%2BKeju%2BCamembert%2B-%2BBacaan%2BBunda%2B-2.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-Ag2kkTtYEv8/Wp5AdPLJQtI/AAAAAAAAQbo/fM-y9Tt283Y7n-URJ1TLTXT-8-JxJ85VQCPcBGAYYCw/s72-c/Jenis%2BKeju%2BCamembert%2B-%2BBacaan%2BBunda%2B-2.jpg
BacaanBunda
https://www.bacaanbunda.com/2018/03/jenis-keju-di-dunia.html
https://www.bacaanbunda.com/
https://www.bacaanbunda.com/
https://www.bacaanbunda.com/2018/03/jenis-keju-di-dunia.html
true
2070171022595136136
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy