Tips Mempersiapkan Anak Masuk Sekolah, Agar Tidak Ada Drama di Hari Pertama

Ternyata tidak sulit mempersiapkan anak masuk sekolah. Asal dilakukan dari jauh-jauh hari. Kalau si kecil sudah siap, prosesnya akan lebih mudah. Kekhawatiran Bunda akan hilang. Drama di hari pertama pun bisa dihindari.

mempersiapkan anak masuk sekolah


Ternyata tidak sulit mempersiapkan anak masuk sekolah. Asal dilakukan dari jauh-jauh hari. Kalau si kecil sudah siap, prosesnya akan lebih mudah. Kekhawatiran Bunda akan hilang. Drama di hari pertama pun bisa dihindari.  

Tak terasa memang. Waktu berjalan begitu cepat. Sepertinya baru kemarin Bunda sibuk mencari nama untuk si buah hati. Ternyata sekarang ia sudah akan memasuki dunia sekolah. Sepertinya baru kemarin menimang-nimang, ternyata sekarang sudah harus mulai melatih kemandiriannya. 

Usia 3-5 tahun adalah usia rata-rata seorang anak mengenal dunia sekolah. Mulai dari playgroup (pra-sekolah) hingga Taman Kanak-kanak. Ini masa penting untuknya. 

Sebuah penelitian menunjukkan, anak yang melalui fase taman kanak-kanak, tingkat intelektual dan pendapatannya akan lebih tinggi dibanding yang tidak, dan sedikit melakukan kejahatan. Ini berarti, pendidikan anak usia dini adalah hal yang penting bagi seorang anak. Makanya Bunda harus memilih sekolah yang tepat untuknya

Dunia sekolah adalah hal baru bagi anak. Ini saat pertama anak akan "berpisah sementara" dari orang tuanya dan masuk ke lingkungan baru yang benar-benar asing baginya, baik suasana, teman-teman atau gurunya. 

Perasaan gelisah juga dialami orang tua. Beberapa kekhawatiran yang muncul antara lain:
  • Apa anak akan menangis di hari pertama sekolah?
  • Apakah si kecil akan nyaman dengan teman-teman dan guru barunya?
  • Apa nanti akan ada anak nakal yang akan menyakitinya?
  • Rasanya tidak tega membiarkan anak sendiri di kelas tanpa ditemani Bunda.
Jika semua sudah dipersiapkan dengan baik, tentu saja kekhawatiran Bunda bisa diminimalisir. Kalau bunda dan ayah bisa tenang dan santai menghadapinya, si kecil juga akan lebih siap menghadapi lingkungan barunya. 



anak masuk sekolah


Persiapan Sebelum Masuk Sekolah 

Persiapan perlu dilakukan jauh-jauh hari agar anak tidak terlalu kaget dengan suasana baru yang akan dihadapinya. Berikut ini adalah beberapa yang perlu diperhatikan sebelum anak memasuki hari pertama sekolah:

1. Ceritakan gambaran betapa senang berada di sekolah. 

Bagi anak yang kakaknya sudah lebih dulu sekolah, hal ini mungkin bukan sesuatu yang asing. Ia sudah biasa melihat kegiatan sehari-hari kakaknya. 
Tapi sebaliknya, jika ia belum punya gambaran apa pun tentang sekolah, ini bisa jadi hal yang menakutkan baginya.

Untuk itu, Bunda perlu menceritakan dengan bahasa sederhana yang mudah dipahami anak. Sekolah adalah tempat bermain baru yang sama menyenangkan seperti di rumah. Banyak mainan dan permainan baru. Bermain dengan teman-teman. Ibu guru juga akan menemani.

Bisa juga dengan menghubungkan hal yang biasa dia lakukan di rumah. 
Misalnya: Saat ia sedang menggambar, katakan bahwa nanti di sekolah ia juga bisa menggambar dan  mewarnai. Atau jika ia sedang bermain playdough, ceritakan betapa senangnya nanti bermain playdough di sekolah. Ada teman-teman dan ibu guru. Mainnya jadi lebih seru. 

2. Belajar mandiri. 

Ajarkan anak untuk melakukan hal-hal yang yang bisa dilakukannya sendiri. Misalnya belajar memakai baju dan sepatu sendiri, makan sendiri atau buang air kecil sendiri. Ini penting untuk persiapannya nanti memasuki dunia sekolah. 

3. Latih bangun pagi minimal seminggu sebelum masuk sekolah.

Bangun pagi tepat waktu tentu perlu dipersiapkan. Kalau sebelumnya si kecil tidak punya jadwal bangun pagi yang tetap, maka Bunda bisa mulai membiasakannya minimal seminggu sebelumnya. Ini penting agar jam biologis anak mulai terbiasa.

Latihan ini bisa dimulai seminggu sebelumnya, lebih awal lagi lebih baik. Sehingga ketika sudah mulai masuk sekolah, penyesuaiannya tidak terlalu sulit.

4. Ajar anak bersosialisasi.

Mengajak anak ke arena bermain atau playground adalah salah satu cara memperkenalkan cara bersosialisasi dengan teman sebayanya. 

Anak akan belajar berkenalan, berbicara, dan bermain dengan teman seusianya. Bisa juga dilakukan dengan teman-temannya di sekitar rumah.Ini penting agar saat anak sudah masuk sekolah, ia tidak takut lagi melihat teman baru sebayanya. 

5. Ajak anak menyiapkan perlengkapan sekolah bersama. 

Ini bisa jadi kegiatan seru dan membantu mengalihkan kegelisahan, membuat ia merasa bahwa sekolah adalah tempat yang menyenangkan. 

Biarkan ia memilih perlengkapan sekolah sendiri, seperti tas, tempat makan, botol minum, buku atau alat tulis. Berikan label nama dengan gambar-gambar yang lucu pada perlengkapan sekolahnya. Apalagi kalau ia boleh memilih gambar karakter favoritnya, akan terasa lebih menyenangkan.

Ketika ia diberi kesempatan memilih, ini juga akan belajar mengambil keputusan diantara pilihan yang ada. 

6. Manfaatkan Momen Meet and Greet.

Sebelum masuk hari pertama, sekolah biasanya memberi kesempatan kepada anak untuk bisa melihat suasana sekolah dan berkenalan dengan guru yang nanti akan mendampingi di kelas. Di hari itu biasanya juga diadakan aktivitas bersama yang sederhana. Kegiatan ini biasa disebut Meet and Greet.

Manfaatkan momen ini sebaik-baiknya. Ajak si kecil mengunjungi sekolah, melihat suasana kelas dan biarkan bereksplorasi di setiap ruangan. Ini juga akan jadi hari pertama ia bertemu teman-teman barunya, juga dengan guru pendampingnya. 

Momen ini biasanya efektif untuk membuat anak lebih mudah beradaptasi. Suasana masih santai. Bunda juga bisa ikut menemani. Tapi tetap jangan dipaksakan ya Bun, biarkan mengalir. Anak butuh waktu yang berbeda-beda untuk membuat dirinya nyaman dengan suasana baru. 

7. Sampaikan kekhawatiran Bunda pada guru.

Jika masih ada yang di khawatirkan, Bunda perlu terbuka pada guru. Ceritakan apa yang Bunda khawatirkan, misalnya bagaimana jika si kecil tidak mau berpisah dari Bunda, bagaimana kalau menangis terus, bagaimana kalau ia mengompol di kelas, dan sebagainya. 

Ini akan mengurangi kegelisahan Bunda. Juga akan menambah keyakinan bahwa langkah untuk memasukkan si kecil ke sekolah tidak salah. Kalau Bunda sudah yakin, rasanya akan lebih tenang. Bunda pun akan berhasil menenangkan kegelisahan si kecil.

Khawatir boleh, tapi jangan berlebihan ya Bun. Ini adalah proses normal yang harus dilalui setiap anak. Hari pertama masuk sekolah bukan sesuatu hal yang menakutkan. Kalau Bunda panik, ini juga akan dirasakan anak. Percayakan hal ini pada pihak sekolah. Percayakan pada guru yang akan mendampingi anak. Dan percaya bahwa si kecil pasti bisa melalui ini. πŸ™‚



Yang perlu dilakukan saat hari pertama masuk sekolah.

Oke, kita sudah tahu apa saja persiapan anak sebelum masuk sekolah. Tibalah kita pada hari pertama masuk sekolah. Berikut ini beberapa hal yang bisa Bunda lakukan:

1. Malam sebelumnya tidur lebih awal, dan paginya bangun lebih awal. 

Kalau malam sebelumnya kebutuhan tidur si kecil sudah cukup, paginya ia akan lebih tenang dan tidak rewel. Bangun lebih awal juga membantunya mempersiapkan diri. Tidak terburu-buru untuk sampai di sekolah. Kalau terburu-buru, bisa merusak moodnya dan membuatnya rewel.

2. Sediakan waktu untuk mengantar anak hari pertama masuk sekolah. 

Ajak Ayah untuk melakukan ini juga ya Bun. Bila Ayah Bunda adalah pekerja, bisa ambil cuti di hari itu. Ini bentuk dukungan terbaik yang dibutuhkan anak. Ini juga akan mengurangi kegelisahannya. Berikan semangat, pelukan, dan ciuman. Yakinkan ia bahwa hari ini istimewa sekali. 

3. Ajak berkenalan dengan gurunya.

Kalau sebelumnya tidak melalui tahap Meet and Greet seperti yang disebutkan di atas, inilah saat pertama anak bertemu dengan gurunya. 

Guru adalah pengganti sosok Bunda di sekolah. Berikan waktu bagi guru untuk membangun hubungan baik dengan anak. Jika ada penolakan anak di awal, itu hal yang wajar. Butuh waktu untuk membuat dirinya nyaman dengan lingkungan baru. Guru pun pasti sudah dibekali ilmu cara pendekatan pada anak. jadi serahkan saja pada ahlinya.

Saat si kecil melihat dukungan bunda terhadap gurunya, si kecil tentu akan merasa senang dan lebih mudah menaruh rasa percaya pada si guru.

4. Hindari memarahi anak jika ia terus menangis.

Kalau si kecil menangis dan menolak bergabung dengan teman-temannya di kelas, tidak perlu memarahinya ya Bun. Ajak bicara, tanyakan kenapa ia menolak. Coba pahami apa yang dirasakannya. Sekali lagi, ini bukan hal mudah baginya. Kalau Bunda marah, justru akan semakin membuatnya tidak nyaman.

5. Kalau memang waktunya Bunda harus keluar kelas, segera lakukan.

Lakukan "perpisahan sementara" dengan cepat dan benar. Pamit pada si kecil dan katakan bahwa Bunda menunggunya di luar kelas. Lakukan dengan cara menyenangkan. Jangan pergi secara diam-diam ya Bun, cara seperti ini hanya akan membuat si kecil merasa ditinggalkan dan akhirnya akan membuatnya merasa sekolah bukan tempat yang asyik.

Kalau ia tetap menangis, biarkan saja Bun. Percayakan pada guru yang menanganinya. Toh menangis sekencang apa pun tidak akan membuatnya jatuh sakit kan ya πŸ˜€.
Selalu ingat: si kecil berada di tangan yang tepat dan ia akan baik-baik saja walau Bunda meninggalkannya. 



anak masuk sekolah



Itulah beberapa tips mempersiapkan anak masuk sekolah. Dengan tips ini, semoga tidak ada lagi "drama" di hari pertama ya Bun. Peran orang tua sangat dibutuhkan agar anak bisa melalui ini dengan baik. Toh sekolah adalah proses hidup yang memang harus dilalui anak kan ya. . 

Khawatir boleh, tapi jangan berlebihan ya Bun. Hari pertama masuk sekolah bukan sesuatu hal yang menakutkan. Percayalah bahwa si kecil pasti bisa melalui ini. πŸ™‚

Bunda punya punya pengalaman seputar hari pertama anak masuk sekolah? Silakan berbagi di kolom komentar ya. 

Selamat mempersiapkan si kecil. Enjoy the moment ya Bun πŸ˜€



COMMENTS

BLOGGER: 15
Loading...
Nama

Cerita Bunda,3,Dunia Anak,19,Jalan-jalan,3,Kecantikan & Kesehatan,11,Tips Dapur,5,Tips Praktis,2,
ltr
item
BacaanBunda: Tips Mempersiapkan Anak Masuk Sekolah, Agar Tidak Ada Drama di Hari Pertama
Tips Mempersiapkan Anak Masuk Sekolah, Agar Tidak Ada Drama di Hari Pertama
Ternyata tidak sulit mempersiapkan anak masuk sekolah. Asal dilakukan dari jauh-jauh hari. Kalau si kecil sudah siap, prosesnya akan lebih mudah. Kekhawatiran Bunda akan hilang. Drama di hari pertama pun bisa dihindari.
https://4.bp.blogspot.com/-qp3JSgE8jbY/WqcDwvGaNZI/AAAAAAAAQh8/Nuwa9I-W5dIiz_nUI4iPMcsEIRf6s92pgCLcBGAs/s640/persiapan%2Banak%2Bmasuk%2Btk%252C%2Bbacaan%2Bbunda%252C1.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-qp3JSgE8jbY/WqcDwvGaNZI/AAAAAAAAQh8/Nuwa9I-W5dIiz_nUI4iPMcsEIRf6s92pgCLcBGAs/s72-c/persiapan%2Banak%2Bmasuk%2Btk%252C%2Bbacaan%2Bbunda%252C1.jpg
BacaanBunda
https://www.bacaanbunda.com/2018/03/tips-mempersiapkan-anak-masuk-sekolah.html
https://www.bacaanbunda.com/
https://www.bacaanbunda.com/
https://www.bacaanbunda.com/2018/03/tips-mempersiapkan-anak-masuk-sekolah.html
true
2070171022595136136
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy