Cara Mendongeng yang Baik dan Menyenangkan.

Salah satu kegiatan favorit anak sebelum tidur adalah mendongeng. Bila dilakukan sejak anak berusia dini akan memberi dampak yang baik bagi anak. Makanya Bunda perlu tahu cara mendongeng yang baik supaya aktifitas ini jadi lebih menyenangkan.



Cara mendongeng yang baik

Salah satu kegiatan favorit anak sebelum tidur adalah mendongeng. Bila dilakukan sejak anak berusia dini akan memberi dampak yang baik bagi anak. Makanya Bunda perlu tahu cara mendongeng yang baik supaya aktifitas ini jadi lebih menyenangkan.

Istilah mendongeng dalam Bahasa Inggris disebut juga story telling, yang artinya seni bercerita yang melibatkan keterampilan dan imajinasi dari orang yang bercerita dan pendengarnya. 

Manfaat mendongeng cukup banyak. Salah satunya untuk melatih anak bicara. Najeela Shihab (seorang psikolog dan pemerhati pendidikan anak) seperti yang dikutip dari vemale.com, juga menyebutkan bahwa manfaat dongeng bisa membantu orang tua untuk mengembangkan imajinasi anak, dan di saat bersamaan juga membentuk karakter anak melalui pesan yang disampaikan dari cerita dongeng anak. 

Sayangnya, belum banyak orang tua di Indonesia yang melakukan aktivitas mendongeng terutama sebelum tidur. Bukannya tak mau, tapi karena kesibukan dan merasa "gak bakat" sebagai pendongeng. Padahal sebenarnya semua orang tua berpotensi kok jadi pendongeng. Apa

Berikut ini adalah beberapa cara mendongeng yang baik dan menyenangkan yang bisa Bunda lakukan: 

1. Siapkan mindset dan mental.

Gak perlu banyak mikir bisa atau tidak. Cukup yakinkan diri sendiri bahwa Bunda pasti bisa mendongeng, jadi santai saja ya Bun. Jika Bunda merasa tidak punya ide cerita, perbanyaklah membaca. 

2. Menyiapkan cerita.

Ide cerita pengantar tidur anak bisa datang dari mana saja. Boleh juga kok membacakan buku dongeng anak.
Pilih buku cerita bergambar dan berwarna. Ini akan menarik minat si kecil untuk mendengarkan. Biarkan si kecil memilih cerita yang disukainya, karena semakin anak tertarik, maka akan semakin mudah mendongeng.

Cerita anak sebelum tidur juga bisa diambil dari tema sederhana yang dekat dengan keseharian si kecil. Misalnya, cerita tentang anak yang berangkat ke sekolah, apa yang harus dilakukan. Atau cerita berbagi mainan dengan teman atau saudara di rumah. 

Masih kekurangan ide? Bunda bisa mendownload aplikasi kumpulan cerita dongeng yang banyak tersedia di smartphone. 

Tidak perlu memilih cerita yang terlalu berat atau berakhir tragis. Biasanya anak akan kecewa atau protes dengan alur cerita yang kurang menyenangkan.

3. Tidak perlu dihafalkan.

Bunda bebas mengembangkan sebuah ide cerita tanpa perlu menghafalnya. Jika dihafal, sebuah alur cerita malah terkesan kaku dan monoton. 

Sesuaikan ide cerita dengan usia anak. Karena Bunda tidak menghafal, lebih mudah mengembangkan ide dan nilai moril yang mau disampaikan. 

4. Ekspresi wajah.

Ekspresi wajah juga penting loh Bun. Mainkan mimik atau ekspresi muka ketika bercerita. Sedih, marah, senang, malu, dan lainnya. Melihat ekspresi ini akan membuat si kecil lebih antusias mendengarnya. 


Bunda bisa memulai dan mengakhiri dongeng dengan kata-kata yang indah, sambil memainkan ekspresi. Misalnya, kalimat “di sebuah bukit nan jauh.. “, sambil kepala menengadah ke atas dan tangan merentang lebar.

Di akhir cerita, pilih kata-kata yang bernuansa  “happy ending”. Misalnya: “Syukurlah, kini kelinci putih bisa berjumpa kembali dengan keluarganya..” dengan ekspresi bahagia. Lihatlah betapa gembiranya si kecil, mata membelalak sebesar rembulan, dan tersenyum penuh bahagia. 🙂

5. Interaktif.

Mendongeng akan lebih seru kalau dilakukan dengan interaktif. Libatkan anak ketika bercerita. Coba lakukan trik  “sambung dongeng”. Bunda yang mulai bercerita, dan di tengah mendongeng, mintalah si kecil untuk melanjutkan cerita tersebut sesuai dengan daya imajinasi dan kreativitasnya.

6. Gunakan alat bantu. 

Untuk menghidupkan tokoh dalam cerita atau karakter tertentu, Bunda bisa menggunakan alat bantu seperti boneka tangan atau boneka jari. Anak – anak pasti akan lebih terhibur dan gembira menyaksikan tokoh  - tokoh di dalam cerita seperti “hidup” dalam dunia nyata.

7. Olah suara.

Bedakan suara pada setiap karakter supaya lebih mudah dikenal dan karakternya lebih kuat. Dialog di antara dua tokoh, juga bisa diolah suara agar terlihat memang seperti dua orang yang sedang berbicara satu sama lain. Suara hewan dalam dongeng fabel bisa diatur dengan suara berbeda.

8. Mengatur waktu.

Perhatian waktu ketika mendongeng. Akan lebih seru jika dilakukan sebelum tidur. Karena pada saat tersebut, pikiran anak sudah lebih rileks. 

Perhatikan juga kesiapan anak. Kalau terlihat tanda-tanda lelah dan mengantuk, tidak perlu dilakukan. Atau pilih cerita yang alurnya pendek, dengan durasi cerita maksimal 5 menit. Lebih dari waktu itu, konsentrasi anak bisa buyar.

Bunda perlu mengetahui tahap perkembangan anak sesuai usianya, terutama dalam  hal bahasa. Anak yang berusia 5-6 tahun umumnya sudah bisa berperan sebagai pendengar yang baik. 

9. Kontak mata.

Saat bercerita, lakukan kontak mata dengan si kecil, agar isi pesan lebih mudah tersampaikan. Tanyakan apa pendapatnya tentang tokoh cerita atau isi dongeng tersebut.

10. Gestur tubuh.

Seperti ekspresi wajah dan olah suara, ternyata gestur atau gerakan tubuh juga turut memengaruhi alur cerita. Bagai menonton pertunjukan di gedung teater, si kecil akan terhanyut dengan suasana dan cerita. 

11. Pahami bahasa tubuh anak.

Sebagai pendongeng, Bunda perlu perhatikan ekspresi dan bahasa tubuh si kecil.
Menurut pakar pendongeng, jika anak sedang antusias mendengarkan cerita, mata mereka membulat, tak hentinya menatap dan posisi hidung akan lebih maju daripada tubuhnya.

Jika anak mulai bosan atau mengantuk, anak mulai menguap, posisi hidung lebih mundur dibanding tubuhnya. Contohnya menyandarkan tubuh ke belakang. 

Itulah beberapa cara mendongeng yang asyik dan menyenangkan. Bunda punya tips lain? Seberapa sering Bunda mendongeng di rumah? Yuk silakan sharing di kolom komentar.

Selamat mendongeng ya Bun. 🙂



COMMENTS

BLOGGER: 31
Loading...
Nama

Cerita Bunda,5,Dunia Anak,19,Jalan-jalan,3,Kecantikan & Kesehatan,11,Tips Dapur,6,Tips Praktis,2,
ltr
item
BacaanBunda: Cara Mendongeng yang Baik dan Menyenangkan.
Cara Mendongeng yang Baik dan Menyenangkan.
Salah satu kegiatan favorit anak sebelum tidur adalah mendongeng. Bila dilakukan sejak anak berusia dini akan memberi dampak yang baik bagi anak. Makanya Bunda perlu tahu cara mendongeng yang baik supaya aktifitas ini jadi lebih menyenangkan.
https://4.bp.blogspot.com/-z8LRsAOU6cM/WvgXChLI4QI/AAAAAAAAQ54/poSFnLJyAlU1q6t6yEgD74ADn9sOnTtgQCLcBGAs/s640/cara%2Bmendongeng%2Byang%2Bbaik%252C%2Bbacaan%2Bbunda.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-z8LRsAOU6cM/WvgXChLI4QI/AAAAAAAAQ54/poSFnLJyAlU1q6t6yEgD74ADn9sOnTtgQCLcBGAs/s72-c/cara%2Bmendongeng%2Byang%2Bbaik%252C%2Bbacaan%2Bbunda.jpg
BacaanBunda
https://www.bacaanbunda.com/2018/05/cara-mendongeng-yang-baik.html
https://www.bacaanbunda.com/
https://www.bacaanbunda.com/
https://www.bacaanbunda.com/2018/05/cara-mendongeng-yang-baik.html
true
2070171022595136136
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy