Clodi Si Popok Kain. Yay or Nay?

Popok yang umumnya dikenal adalah popok sekali pakai, yang biasa disebut pospak atau pampers. Tapi ternyata pemakaian Clodi (popok kain) bisa jadi alternatif nih. Apa sih kelebihan clodi? amankah? Beneran bisa lebih hemat? Yuk cari tahu apa itu popok Clodi, kelebihan dan kekurangannya, sebelum memutuskan untuk membeli.

pemakaian popok kain clodi

Popok yang umumnya dikenal adalah popok sekali pakai, yang biasa disebut pospak atau pampers. Tapi ternyata pemakaian Clodi (popok kain) bisa jadi alternatif nih. Apa sih kelebihan clodi? amankah? Beneran bisa lebih hemat? Yuk cari tahu apa itu popok Clodi, kelebihan dan kekurangannya, sebelum memutuskan untuk membeli. 

Perlengkapan bayi baru lahir yang wajib ada sejak awal kelahiran adalah popok. Bunda zaman now sudah biasa dengan pemakaian pospak karena dianggap lebih praktis, tidak repot mencuci, kalau sudah kotor bisa langsung dibuang. 

Ternyata tidak sedikit juga yang mulai melirik pemakaian pampers kain dengan alasan kenyamanan dan kesehatan si baby. Pro kontra masih tetap ada. Semoga setelah membaca artikel ini, Bunda bisa menentukan apakah clodi layak jadi pilihan atau tidak 🙂

kerja dari rumah


Apa itu Clodi?

Masih ingat popok kain yang biasa dipakai dari zaman orang tua kita dulu? Popok yang ukurannya agak panjang, dengan dua tali di bagian ujung agar bisa diikatkan pada pinggang bayi. Saat ini masih banyak kok Bunda yang menggunakan kain ini sebagai popok bayi baru lahir.


perlengkapan bayi baru lahir
Popok kain. Foto: grosirperlengkapanbayimurah

Nah, Clodi ini adalah pengembangan dari popok kain. Clodi berasal dari kata Cloth Diaper yang artinya popok kain. Seperti namanya, bahannya 100% terbuat dari kain. Sama sekali tidak mengandung zat kimia. Clodi juga bisa dicuci dan dipakai berulang kali layaknya pakaian biasa. 

Tipe clodi berbeda-beda tergantung berat bayi. Clodi bisa dipakai mulai dari bayi berumur 1 bulan (minimal berat 3kg). Sudah banyak produsen clodi yang menyediakan ukuran All Size. Clodi dilengkapi kancing tempel (snap) yang berfungsi untuk menyesuaikan dengan ukuran tubuh bayi. Clodi bisa dipakai hingga berat anak 15kg loh.


pemakaian popok kain clodi


Popok clodi terdiri dari bagian luar (outer) dan bagian dalam (inner).

Inner fungsi sebagai penyimpan buangan si baby. Bahannya mampu menyerap cairan. Inner umumnya dipakai sekaligus 2 buah dengan cara dimasukkan ke dalam outer.

Outer adalah bagian luar popok yang bersifat anti air (water proof). Sisi sebaliknya berbahan lembut yang nantinya akan langsung bersentuhan dengan kulit si baby


pemakaian popok kain clodi

Cara pemakaian clodi tidak sulit. Pertama, masukkan inner ke dalam kantung yang terdapat pada bagian dalam outer. Susun hingga posisi outer sudah tepat. Kemudian letakkan bayi dalam posisi tidur, dan pakaikan clodi seperti akan memasang popok biasa. 

Baca juga: 


Panduan penggunaan dan perawatan clodi.

Agar bisa bertahan lama dan penyerapannya maksimal, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:
  • Clodi baru butuh proses pre-wash: cuci dan keringkan clodi 3-5 kali tanpa menggunakan sabun. Selain untuk membersihkan kotoran yang menempel saat proses produksi, juga untuk memaksimalkan penyerapannya.
  • Jemur clodi dengan posisi vertikal, bagian dalam menghadap ke atas. Hindarkan bagian luar clodi dari sinar matahari langsung karena bisa merusak permukaan luarnya.
  • Jemur insert pada tempat yang teduh, jangan terkena matahari langsung.
  • Popok clodi sebaiknya dicuci dengan tangan. Kalau pun harus pakai mesin cuci, cukup hanya saat proses pencucian. Pilih putaran yang soft. Selanjutnya keringkan dengan tangan. 
  • Jika ada noda kotoran yang menempel, tidak perlu disikat. Cukup kucek dengan tangan. Untuk noda membandel, taburkan 1/2 sendok baking soda pada air rendaman. Ini juga efektif untuk membuang bau yang menempel. 
  • Clodi tidak perlu disetrika. Setelah dicuci bisa dipakai langsung. 
  • Pertimbangkan juga untuk memiliki inner cadangan. Karena inner biasanya lebih lama kering daripada outer. Karena bahannya lebih tebal. 


cara pakai clodi
Jemur clodi dengan posisi vertikal, bagian dalam menghadap ke atas.


Kelebihan Clodi.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan clodi:

1. Bahaya clodi hampir tidak ada. Sangat aman untuk bayi karena tidak mengandung bahan kimia.

2. Membuat bayi lebih nyaman. Bagaimana pun, kain akan lebih nyaman digunakan dibanding kertas.

3. Mencegah iritasi/ ruam popok
Clodi terbuat dari bahan kain lembut dan nyaman untuk bayi. . Bayi pun terhindar dari risiko ruam popok atau alergi lain. 

4. Jika dirawat dengan baik, bisa diwariskan pada anak berikutnya.  Walau investasi di awal  agak mahal, tapi masa pakai cukup panjang.

5. Motifnya lucu-lucu loh. 🙂
Motif clodi lucu-lucu Bun, pilihan warnanya juga banyak. Bisa di mix and match dengan kostum yang lagi  dipakai si kecil. Bahkan bisa dipakai tanpa perlu dilapisi celana loh Bun. 

6. Ramah lingkungan. 

Semua bagian pada clodi bisa dicuci dan dipakai lagi. Clodi tidak menghasilkan limbah lingkungan. Bahkan jika sudah tidak terpakai, clodi bisa dipakai sebagai kain untuk lap. 

kita ikut mengurangi sampah yang sulit terurai seperti pada pospak karena terbuat dari kertas. Berarti kita ikut menjaga lingkungan terutama mengurangi penebangan kayu hutan, sebagaimana bahan utama pembuat kertas.


7. Lebih hemat karena bisa dipakai berulang kali.

Benarkah pemakaian popok clodi lebih hemat? Mari kita coba hitung.

Dalam sehari, biasanya bayi membutuhkan popok sekitar 4-5 buah (anggap saja harganya Rp. 3000/ buah). Berarti sehari harus mengeluarkan Rp. 15.000 untuk membeli popok. 
Dalam sebulan sekitar Rp 450.000. Setahun sekitar Rp. 5.400.000 (dengan asumsi, pemakaian terbanyak hanya di malam hari).

Bayangkan jika kita masih punya 2 atau 3 anak yang masih harus memakai popok, berapa pengeluaran perbulan hanya untuk popok?

Coba kita bandingkan bila kita berinvestasi membeli pampers yang bisa dicuci.

Clodi mampu menahan pipis bayi sekitar 4 jam. Bila kita membeli 10 pasang, dengan harga satuan rata-rata Rp 85.000, jadi semua hanya sekitar Rp. 850.000.
Dengan adanya kancing yang bisa disesuaikan dengan ukuran tubuh anak (adjustable), masa pakai bisa lebih panjang. Bisa dipakai hingga berat si kecil 15 kg (biasanya usia 2 tahun). 

Kekurangan Clodi.

Ada kelebihan, tentu saja ada kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan pada clodi:

1. Investasi awal lebih mahal.
Harga clodi  pada kisaran Rp. 65.000 hingga Rp. 80.000 per set nya, terbilang  cukup mahal. Tapi kekurangan ini masih bisa ditutupi dengan manfaatnya yang bisa dipakai berulang kali.  harga berbanding lurus dengan kualitas. 

2. Repot apalagi kalau sedang traveling.
Dari segi kepraktisan memang kurang. Clodi harus segera dicuci setelah dipakai, agar tidak meninggalkan bau, dan jadi sarang kuman.

Agar bertahan lama, clodi juga butuh perawatan ekstra. Sebulan sekali harus dibilas bersih tanpa sabun supaya daya serapnya tetap baik. 

Selain itu, untuk mengeringkan clodi. kita bergantung pada sinar matahari. Yang masalah kalau matahari lagi tidak mendukung, hujan sepanjang hari. Alhasil clodi jadi lembap bahkan tidak kering. 

3. Terlihat tebal dan berat.
Clodi terdiri dari beberapa lapis kain. Kalau dipakai si kecil terlihat tebal dan berat. Berbeda dengan pospak yang lebih tipis dan ringan. 

4. Kalau mencuci tidak bersih, rentan kena bakteri.
Clodi akan menampung kotoran si kecil baik pipis atau pupnya. Berarti clodi akan kotor dan terkena kuman. Jika mencuci clodi tidak bersih, risiko kuman masih menempel akan jauh lebih besar. 

Penutup.

Jika Bunda berpikir untuk menghemat dari pengeluaran beli popok, Bunda bisa mempertimbangkan untuk berinvestasi dengan clodi si popok kain. Walau pembelian awalnya lebih mahal, tapi Bunda bisa menekan pengeluaran. Tentu saja segala kelebihan dan kekurangannya juga harus dipertimbangkan. 

Semoga setelah membaca artikel ini Bunda sudah tidak perlu bingung lagi ya. Mau pakai pospak atau clodi? Pilih yang paling cocok untuk Si Kecil dan Bunda. 

Jika Bunda punya pengalaman dengan penggunaan pampers kain, silakan share di kolom komentar ya 🙂

[Cari artikel lain? Klik di sini ya... ##eye##] 




COMMENTS

BLOGGER: 21
Loading...
Nama

Cerita Bunda,6,Dunia Anak,20,Jalan-jalan,3,Kecantikan & Kesehatan,12,Tips Dapur,6,Tips Praktis,3,
ltr
item
BacaanBunda: Clodi Si Popok Kain. Yay or Nay?
Clodi Si Popok Kain. Yay or Nay?
Popok yang umumnya dikenal adalah popok sekali pakai, yang biasa disebut pospak atau pampers. Tapi ternyata pemakaian Clodi (popok kain) bisa jadi alternatif nih. Apa sih kelebihan clodi? amankah? Beneran bisa lebih hemat? Yuk cari tahu apa itu popok Clodi, kelebihan dan kekurangannya, sebelum memutuskan untuk membeli.
https://1.bp.blogspot.com/-OTusO5jdwjA/Wt_jb99QntI/AAAAAAAAQ0g/GkdF8DqKJ8oPzlIK15Tl-YMvCdhWaHoMACLcBGAs/s640/popok%2Bkain%2Bclodi%252C%2Bbacaan%2Bbunda.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-OTusO5jdwjA/Wt_jb99QntI/AAAAAAAAQ0g/GkdF8DqKJ8oPzlIK15Tl-YMvCdhWaHoMACLcBGAs/s72-c/popok%2Bkain%2Bclodi%252C%2Bbacaan%2Bbunda.jpg
BacaanBunda
https://www.bacaanbunda.com/2018/05/pemakaian-popok-kain-clodi.html
https://www.bacaanbunda.com/
https://www.bacaanbunda.com/
https://www.bacaanbunda.com/2018/05/pemakaian-popok-kain-clodi.html
true
2070171022595136136
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy