9 Permainan Ini Bikin Si Kecil Lupa Dengan Gadgetnya.

Banyak orang tua mengeluh karena si kecil ketergantungan gadget. Apakah Bunda salah satunya? Artikel ini akan membantu Bunda untuk memilihkan permainan anak yang membantu mengurangi ketergantungan gadget.


Penggunaan gadget memberikan berbagai manfaat untuk kita. Tapi bak pisau bermata dua, jika tak bijak menggunakan, efek negatif pun tak terhindarkan. Banyak orang tua mengeluh karena si kecil ketergantungan gadget. Apakah Bunda salah satunya? Artikel ini akan membantu Bunda untuk memilihkan permainan anak yang membantu mengurangi ketergantungan gadget.

Perkembangan dunia digital memang gak bisa kita hentikan ya Bun. Bukan hanya anak-anak, orang dewasa pun sulit melepaskan diri dari ketergantungan gadget. Sesederhana Bunda cari resep sekarang bukan dari buku resep, tapi dari aplikasi online atau googling di internet. 

Begitu pun anak-anak. Mereka terbiasa menggunakan gadget untuk bermain atau sekedar mengisi waktu kosong biar gak cepat bosan.  Ini adalah hiburan yang praktis dan instan. Di gadget juga banyak  tersedia aplikasi atau games yang tujuannya edukasi seperti yang bisa Bunda baca pada artikel: 7 Pilihan Aplikasi Edukasi Keren Untuk Anak Yang Jarang Diketahui

Tapi dalam kasus tertentu, jika tidak dibatasi justru akan mengganggu kemampuan sosial anak di kehidupan nyata. Jika dilarang, gak jarang malah bikin mereka marah, nangis bahkan yang ekstrim lagi sampai frustrasi.

Untuk menghindari itu, Bunda harus berpikir kreatif untuk menghadirkan aneka permainan yang tak kalah seru, dengan melibatkan kontak fisik secara langsung. Ini penting untuk mengalihkan perhatian dari gadget. Berikut ini beberapa permainan anak yang bisa dicoba di rumah:

1. Main kelereng

Permainan Anak tanpa gadget

Kelereng termasuk jenis permainan tertua di Indonesia. Mudah dimainkan dan murah tentunya. Biasa dimainkan oleh 2 anak atau lebih. Tentu baik untuk melatih hubungan sosial si anak ya Bun. 

Manfaatnya pun cukup baik. Anak diajak fokus untuk mengoordinasikan gerakan jari, mata dan juga daya pikir agar bisa tepat mengenai sasaran. Kelereng yang bentuknya bulat kecil ini juga membantu gerakan motorik kasar dan halus, melatih otot jari, terutama untuk anak yang sedang belajar menulis atau menggambar. Jari-jari akan lebih luwes dan tidak kaku.

Permainan kelereng ideal untuk anak di atas 5 tahun atau 6 tahun. Untuk usia balita sebaiknya diawasi ya Bun. Untuk menghindari si anak akan memasukkan dalam mulut. Bahaya kan yaa..

2. Karambol


Permainan karambol sebenarnya hampir sama seperti kelereng. Mirip juga dengan permainan billiar. Hanya saja karambol tidak pakai stik sebagai alat. Permainan ini menggunakan cakram kecil. Anak harus membidik cakram lawannya sehingga terpental dan keluar dari kotaknya. 

Diketahui permainan karambol juga termasuk salah satu permainan yang sudah lama populer. Awalnya berasal dari India dan akhirnya menyebar luas ke negara lain. Bukan hanya asyik untuk anak-anak, orang dewasa pun ada yang secara profesional menggelutinya untuk mengikuti kompetisi karambol internasional.

3. Yoyo

permainan anak-anak

Yoyo merupakan jenis permainan anak zaman dulu, mulai  dari masa dinasti Ming. Wah sudah lama sekali ternyata. Yoyo terbuat dari bahan kayu yang diberi seutas tali benang agar bisa memantul ke udara dengan berbagai gaya.

Yoyo modern tidak hanya terbuat dari kayu, tetapi juga dari plastik dan bahan logam yang dilengkapi sinar LED. Dijamin deh.. Bermain yoyo, apalagi yang bisa mengeluarkan cahaya warna-warni, akan bikin anak-anak lupa sama gadgetnya. 

Ternyata kejuaraan yoyo juga sudah ada loh Bun. Saat ini kejuaraan yoyo tingkat dunia kerap mengadu kebolehan para pemain yoyo internasional.

4. Kendama

permainan anak-anak

Nah.. kalau yang ini asalnya dari Jepang Bun. Permainan unik karena memerlukan keterampilan dan koordinasi tangan dan mata, serta olah pikir. Sebuah palu kecil yang disebut 'ken', diikat dengan seutas tali yang terhubung dengan bola berlubang di bagian tengahnya.

Tujuan permainan ini adalah memantulkan bola berkali-kali dan bisa mengeluarkan bunyi-bunyian yang berirama. Di Jepang sendiri, permainan kendama sudah sangat populer bahkan sering kali diadakan kompetisi para pemain yang profesional.

5. Fidget Spinner

indahnya masa kecil tanpa gadget

Sebagai pengganti gadget, coba deh berikan fidget atau yang lebih dikenal dengan spinner. Di 2017, mainan ini booming sekali, termasuk juga di Indonesia. 

Spinner dirancang khusus sebagai permainan mengisi waktu luang dengan keterampilan olah jari. Daripada main gadget yang justru merusak mata, spinner justru bisa mengasah koordinasi motorik kasar anak.

Bagi anak yang punya kebiasaan sering menggigit kuku, baik karena cemas atau sedang bosan, atau anak yang telapak tangannya sering berkeringat, permainan spinner juga sangat ideal.

Dibutuhkan konsentrasi tinggi agar spinner bisa berputar terus menerus di atas satu jari. Saat ini, spinner modern bisa dijumpai dengan aneka lampu LED warna warni. Cantik sekali, terutama jika dimainkan di tempat gelap. Bukan hanya anak-anak, orang dewasa juga banyak loh yang kegandrungan main spinner. Gak heran kalau harganya mulai dari 20 ribuan sampai jutaan juga ada.

6. Diecast

permainan anak tanpa gadget

Main mobil-mobilan tak akan lekang oleh waktu. Hampir semua anak laki-laki yang senang main mobilan, apalagi yang desainnya mirip seperti mobil aslinya. 

Mobil-mobilan dari diecast punya warna dan desain yang menarik. Bisa dimainkan di lantai, atau juga di arena lintasan (track).

Patut diperhatikan bahwa untuk anak di usia dibawah 5 tahun, sebaiknya tidak diberikan mobil-mobilan diecast. Dikhawatirkan bagian atau kompartemen mobil yang berukuran kecil bisa tertelan atau tersedak dan dapat membahayakan si kecil. Diecast lebih cocok jadi permainan untuk anak SD ke atas.  

7. Mainan Pasir Kinetik.


Mengajak si kecil bermain pasir gak harus dengan membawanya ke pantai loh Bun. Saat ini sudah banyak dijual pasir kinetik (kinetic sand). Ini salah satu mainan yang bisa melatih gerak motoriknya juga. Ia bisa berkreasi bikin bentuk apa pun dengan pasir. 

Saat ini banyak toko online yang jual mainan pasir kinetik. Pilih yang bisa digunakan berulang kali. Ada juga yang menjualnya lengkap dengan cetakan dan alas bermainnya. Jadi gak perlu takut lagi lantai rumah jadi kotor karena pasir yang berantakan. 

 Si kecil pasti puas main pasirnya

8. Sepeda


Nahh kalau ini kegiatan favorit anak saya nih. Menikmati angin sore dengan naik sepeda. Gak jauh-jauh sih, cuma sekitaran rumah aja. Tapi sudah cukup untuk mereka bisa melepas penat dan bebas bergerak. 

Bersepeda memiliki sejumlah manfaat yang bisa diperoleh si kecil. Bisa melatih gerak tubuh sambil berolahraga. Anak pun gak bosan karena di rumah saja. Sosialisasi dengan teman juga bisa dilatih dengan main sepeda bersama teman. 

9. Perosotan kardus

Mau bikin perosotan sendiri di rumah? Bisa kok. Kalau di rumah ada tangga, lapisi dengan kardus tebal supaya permukaannya jadi rata. Jangan lupa tempatkan kasur atau alas empuk dilantai (bawah tangga) sehingga tak khawatir anak-anak terjerembab dan kepala terantuk permukaan lantai. 

Ini salah satu permainan jadul yang seru dimainkan. Tapi tetap harus ada pengawasan orang tua ya Bun. 

*** 
Masih banyak lagi alternatif permainan di rumah yang bisa menggeser eksistensi gadget di dalam pikiran anak. Selain permainan, banyak juga kegiatan seru yang bisa dilakukan anak di rumah. Bunda punya ide permainan anak lainnya yang bisa dimainkan di rumah? Silakan berbagi di kolom komentar ya.

Indahnya masa kecil tanpa gadget .

COMMENTS

BLOGGER: 2
Loading...
Nama

Cerita Bunda,6,Dunia Anak,20,Jalan-jalan,3,Kecantikan & Kesehatan,12,Tips Dapur,6,Tips Praktis,3,
ltr
item
BacaanBunda: 9 Permainan Ini Bikin Si Kecil Lupa Dengan Gadgetnya.
9 Permainan Ini Bikin Si Kecil Lupa Dengan Gadgetnya.
Banyak orang tua mengeluh karena si kecil ketergantungan gadget. Apakah Bunda salah satunya? Artikel ini akan membantu Bunda untuk memilihkan permainan anak yang membantu mengurangi ketergantungan gadget.
https://3.bp.blogspot.com/-MSet_oFIegY/W4N8jjo8IAI/AAAAAAAARGE/kjPmJlRkLisSgka6BFO6lFvC2xDawVmtwCLcBGAs/s640/permainan%2Banak%2Banti%2Bgadget%252C%2Bbacaan%2Bbunda.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-MSet_oFIegY/W4N8jjo8IAI/AAAAAAAARGE/kjPmJlRkLisSgka6BFO6lFvC2xDawVmtwCLcBGAs/s72-c/permainan%2Banak%2Banti%2Bgadget%252C%2Bbacaan%2Bbunda.jpg
BacaanBunda
https://www.bacaanbunda.com/2018/08/permainan-anak-anti-gadget.html
https://www.bacaanbunda.com/
https://www.bacaanbunda.com/
https://www.bacaanbunda.com/2018/08/permainan-anak-anti-gadget.html
true
2070171022595136136
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy